Observatorium Bosscha

Bandung terkenal sebagai kota yang penuh kreativitas, tempat berkembangnya ilmu teknologi. Yang tak kalah terkenalnya di Bandung terdapat Observatorium terbesar di Indonesia, yaitu Bosscha.

Salah satu teleskop terbesar Observatorium Bosscha

Observatorium bosscha terkenal di kalangan masyarakat sebagai tempat untuk mengamati bintang. Letaknya di daerah Lembang, Bandung. Terletak di daerah dataran tinggi, bersuhu dingin.

Pemilihan tempat di dataran tinggi tentu untuk mempermudah pengamatan dan mengurangi polusi cahaya dari wilayah sekitar.

Observatorium ini di kelola oleh institut teknologi Bandung (ITB), khususnya jurusan Astronomi (Sepertinya sih begitu). Jadi yang memiliki minat sebagai pengamat bintang, atau objek angkasa lainnya, dan ingin masuk di jurusan Astronomi ITB, kemungkinan besar praktiknya di Observatorium ini.

Untuk jadwal kunjungannya ada di situs resminya, bisa di search di google. Seingat penulis libur hari Minggu dan Senin. Kunjungan untuk rombangan setiap hari selasa-jumat. Kalau untuk keluarga dan individu di khususkan hanya di hari Sabtu.

Untuk tarif masuk perorang dikenakan biaya 15 ribu rupiah. Fasilitas yang di dapat adalah penjelasan dari kakak-kakak fasilitator, mengenai apa itu Observatorium, cara pengoperasian teleskop di bosscha, kalau gak salah nama teleskop terbesar nya teleskop Zeus.

Bagi yang tertarik dalam dunia astronomi, perbintangan (tapi bukan yang untuk ramalan lho ya), mampir ke Observatorium bosscha sangat membuka wawasan, menambah ilmu mengenai dunia astronomi, sekaligus menambah rasa ingin mengenai dunia astronomi.

Saat di hari Sabtu kita bisa coba nih mampir bersama keluarga atau teman ke Observatorium bosscha, menghibur dan menambah wawasan.

Berikut beberapa video penjelasan kakak fasilitator mengenai Observatorium bosscha.




Selamat berwisata....

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)