Penyebab Baterai HP Cepat Ngedrop

HP smartphone saat ini sudah bisa di katakan sebagai kebutuhan mendasar. Baik itu di gunakan untuk berkomunikasi, mencari informasi, hiburan dll. Setiap harinya akan di gunakan. Hal ini tentu membutuhkan performa batrbatyang bagus.
Sumber gambar: Merdeka.com


Baterai HP jika salah cara pengunaan dan perawatannya tentu dapat menyebabkan baterai cepat rusak dan drop. Berdasarkan pengalaman penulis ada beberapa hal yang bisa menyebabkan banterai cepat nge-drop.

  • Mengecas HP tidak sampai tuntas 100%. Kadang karena sibuk dan ingin segera di gunakan kita tak menunggu proses pengecasan hingga 100%.
  • Mengecas HP sambil di gunakan. Biasanya para gamer sering melakukannya, karena tak ingin menghentikan permainan, baterai sudah mau habis, jadi sambil bermain dan mengecas menjadi pilihan. Ada baiknya kalau mengecas HP dalam posisi mati, atau bisa mengaktifkan mode pesawat. Hal ini bertujuan agar baterai HP benar-benar terisi tanpa ada gangguan / pengurangan daya karena sambil digunakan.
  • Tidak menggunakan cas original, atau cas yang tidak sesuai untuk baterai HP. Kadang perbedaan tegangan dan Amper dengan spesifikasi baterai Hp dapat merusak baterai.
  • Sering menggunakan Powerbank. Kemungkinan ini mirip konsepnya dengan charger tak original, Amper dan tegangan keluaran powerbank bisa tak sesuai spesifikasi baterai. Biasanya penggunaan powerbank, di lakukan sambil pengunaan HP.
  • Umur baterai yang memang sudah cukup lama digunakan, berkisar 1-2 tahunan. Baterai yang telah lama digunakan biasanya akan mengalami penurunan daya tampung daya.
  • Membuka aplikasi yang berat dan mengunakan power yang banyak. Biasanya game dengan grafik yang berat.
Beberpa kemungkinan di atas adalah hal yang terkadang sering kita lakukan. Untuk bisa menjaga "kesehatan" baterai tentu kita harus melakukan hal sebaliknya dari poin-poin di atas.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)