Belajar pun Butuh Teman

Teman bisa menjadi orang yang sangat mempengaruhi seseorang. Ia bisa membuat seseorang menjadi baik atau malah sebaliknya menjadi buruk. Dalam belajar pun kita sangat membutuhkan teman.
Sumber gambar: Kitamuda.id

Belajar secara mandiri atau sendiri bisa menjadi pilihan. Di waktu tertentu kita memang membutuhkan nya untuk mengulang suatu pelajaran. Namun dalam kesendirian kita sering mengalami kendala.

Kendala yang sering kita alami biasanya rasa malas dari dalam sendiri, keinginan kita yang mengendur, rasa bosan, lelah dsb. Hambatan terbesar yang akan kita alami adalah melawan diri sendiri.

Belajar dengan teman pun punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kekurangannya biasanya karena terlalu ramai, kita sering tak fokus dalam belajar, banyak bermain, ngobrol atau bersantai nya.

Jika teman belajar kita bagus dan baik, tentu belajar jadi lebih cepat, efektif dan efisien. Bisa saling memotivasi untuk belajar, bisa saling memberi saran, ngkoreksi, ada motivasi untuk berlomba-lomba, dll.  Belajar lebih terasa mengairahkan dan bersemangat.

Teman belajar yang baik bisa jadi sarana untuk mempercepat proses belajar, memotivasi diri untuk terus belajar. Belajar jadi proses yang lebih menyenangkan.

Disaat kita malas untuk belajar, teman yang memotivasi. Ada pemahaman yang salah dalam mempelajari ilmu, teman lah yang bisa mengkoreksi. Teman bisa menjadi jalan belajar lebih efektif, apalagi teman sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)