Ilmu yang Tersebar

Ilmu bisa di artikan sebagai pelajaran, pengalaman, pengetahuan. Secara umum seperti itu. Jenis dan variasi ilmu bisa dikatakan tak terbatas. Oleh karenanya bagi pencari ilmu, semakin ia tahu sesuatu, semakin ia merasa dirinya tidak tahu. Ini karena ilmu yang tak ada batasannya.
Sumber gambar: tasidola.com

Ilmu bisa kita peroleh dimana saja, dengan cara yang tak disangka. Kebanyakan kita berpikir ilmu hanya di dapat di sekolah, di kampus atau dari buku saja. Namun nyatanya tak demikian.

Ilmu bisa kita dapatkan dari kejadian di sekitar kita, dari pengalaman hidup orang lain. Bisa dikatakan dari banyak jalan.

Ilmu yang ada ini begitu banyak dan luas. Kita sebagai manusia memiliki keterbatasan kemampuan secara otak, nalar. Selain itu kita juga memiliki keterbatasan waktu untuk belajar.

Oleh karena itu kita bisa memilih ilmu yang akan kita dalami, setiap orang memiliki minat dan kesenangan tersendiri. Fokus terhadap ilmu yang ingin di dalami tersebut.

Untuk lebih mengikat ilmu yang telah di pelajari, yang terbaik adalah mengikatnya dengan menulisnya. Menyediakan waktu mengulang ilmu yang telah dipelajari. Yang terbaik adalah mengamalkan dalam bentuk perbuatan terhadap ilmu yang telah dipelajari.

Untuk bisa ahli terhadap suatu ilmu, kita perlu memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Tentu, jika memang ingin mendalami suatu ilmu akan melewati berbagai ujian yang tentu tidaklah mudah. Disaat sulit itu kesabaran dan kekuatan niat seseorang akan di uji dalam mendalami suatu ilmu.

Semoga bermanfaat..

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)