Mengantuk Usai Sholat subuh??

Bismillahirrahmanirrahim.
Sehabis sholat subuh kebanyakan dari kita biasanya memutuskan untuk tidur lagi, dengan alasan terbesar masih mengantuk, dan pada waktu itu tidur terasa begitu nikmat. Tapi amat di sayangkan jika waktu tersebut dilewatkan, padahal banyak keberkahan pada waktu tersebut.
Sumber gambar: islamis.com

Melawan kantuk usai sholat subuh memang tak mudah apalagi bagi yang sudah terbiasa untuk tidur lagi usai sholat subuh. Mungkin perlu aktifitas yang bisa melawan rasa kantuk tersebut.

  • Mengaji Al-Qur'an.
  • Melakukan aktifitas fisik, olahraga ringan, jalan-jalan menghirup udara pagi.
  • Membuat minuman hangat, entah teh, susu atau kopi.
  • Mengencangkan apa yang akan di lakukan hari ini.
  • Mengerjakan tugas sekolah, kampus atau kantor.
  • Mendengarkan kajian Ba'da subuh.
Melakukan aktifitas yang membuat tubuh dan pikiran aktif, akan membantu menghilangkan rasa kantuk usai subuh. Perlu kreatifitas dalam menjalani hari-hari, usahakan tidak melakukan rutinitas atau melakukan sesuatu dengan pola yang sama.

Namun terkadang seandainya tidur usai subuh di butuhkan, umpamanya karena tadi malam waktu tidur kurang karena menyelesaikan tugas, atau ada kegiatan hingga larut, tidur usai subuh bisa dilakukan. Tapi sebaiknya menyesuaikan kebutuhan, jangan sampai tidur paginya terlalu panjang. 

Jika tidur pagi terlalu panjang, biasanya tidak baik bagi kesehatan, dari badan yang terasa pegal-pegal, kepala pusing, badan terasa lemas. Hal ini tentuembuat hari yang kita lalui kurang optimal. 

Butuh niatan dan latihan agar bisa mengelola kebutuhan tidur usai subuh. Alangkah baiknya jika memungkinkan tidur usai subuh dihindari, jika memang dibutuhkan diusahakan paginya dilakukan saat kondisi sudah agak terang atau siang.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)