Membuat To Do List

To Do List jika di artikan dalam bahasa Indonesia sebagai daftar kegiatan yang akan dilakukan. Berisi daftar agenda kegiatan dengan prioritas untuk dilakukan. To do list ini sangat membantu untuk menjadi pengingat dan pengarah waktu yang kita miliki.
Sumber gambar: Amazon.com

Keterbatasan waktu, tugas dan tanggung jawab yang banyak dan besar membuat kita sering merasa dikejar waktu. Namun di saat longgar kita merasa begitu bosan atau malah bingung untuk melakukan sesuatu.

Disinilah pentingnya memiliki daftar kegiatan yang akan dan ingin dilakukan. Hal ini membantu kita untuk mempersiapkan, merencanakan, dan melakukan aksi harian atau jangka panjang. Waktu, tenaga, pikiran dan sumber daya jadi lebih terarah dan terkendali.

Cara yang paling sederhana kita coba pikirkan apa saja hal yang ingin kita lakukan di hari ini, Minggu ini atau bulan ini. Dari daftar tersebut kita bisa tentukan skala prioritasnya, yang mana yang ingin di utamakan untuk dikerjakan. Bisa juga menetapkan estimasi waktu yang di butuhkan.

Yang terpenting dari daftar ini, kita bisa mengingat apa yang ingin kita lakukan, ingin kita kerjakan. Jika itu bisa dan butuh untuk kita yang mengerjakan langsung, kita tentu bisa mengomersialkan waktu dan tenaga, namun seandainya bisa di delegasikan atau di serahkan ke orang lain, tentu kita juga lebih bisa mempersiapkan orang yang di tunjuk.

Dari To Do List ini kita bisa mengevaluasi pencapaian yang telah kita lakukan. Bagaimana pelaksanaannya dalam keseharian kita. Jangan hanya membuat daftar kegiatan tapi tak ada aksi untuk menyelesaikan yang telah direncanakan. Butuh komitmen, disiplin diri.

Kadang merasa sedih juga, banyak kegiatan yang tidak bisa kita lakukan atau tugas yang tak bisa terselesaikan. Di sini kita perlu evaluasi apakah To Do List tersebut bisa di lakukan atau tidak. Ya tapi setidaknya dengan daftar kegiatan ini jadi pemacu diri untuk bergerak disaat semangat melemah, atau bingung melakukan kegiatan apa.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)