Ibu Hamil Mood sering Berubah?

Ibu hamil memiliki masa di mana perasaannya begitu sensitif dan mudah berubah. Biasanya di awal kehamilan amat begitu terasa perubahan perasaannya. Hal yang menjadi penyebabnya adalah perubahan hormon pada ibu hamil.

Kalau penulis sebagai seorang laki laki tentu tak pernah merasakan ketidaknyamanan hamil. Tapi dari teori yang di baca dan pengalaman menemani istri yang hamil.

Saat memasuki kehamilan 3 bulan pertama adalah masa dimana penyesuaian ibu hamil terhadap hormon yang ada di dalam tubuhnya. Kalau tidak salah hormon progesteron yang fungsinya untuk mencegah atau menghentikan siklus menstruasi.

Peminjaman hormon ini mempengaruhi juga ke keadaan fisik dan perasaan ibu hamil. Biasanya sering mengalami muntah muntah, badan terasa lelah, lemas, capek. Sering mengantuk, dst. Hal ini lag yang membuat ibu hamil merasa fisik dan perasaannya begitu lelah.

Peran suami, orang terdekat sangat membantu menjaga mood atau perasaan ibu hamil. Harus mengerti dan berusaha memahami apa yang di alami ini hamil. Berusaha membantu, menenangkan semaksimal yang di bisa.

Asupan makanan yang bergizi juga harus menjadi prioritas untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dari ibu hamil. Dengan demikian fisik dan perasaannya lebih terjaga.

Yang bisa di lakukan untuk menjaga perasaan tetap positif adalah:

  • Dekat kan diri kepada Allah, taat beribadah dengan ikhlas dan khusyuk. Patahkan semua permasalahan, perasaan yang dirasakan kepada Allah.
  • Cari lingkungan positif yang bisa membantu dan menguatkan.
  • Miliki kegiatan yang positif dan menyenangkan. Jalani hobinyao kesukaan yang biasa dilakukan.
  • Olahraga.  Kegiatan fisik bisa membantu memperlancar aliran darah, membuat pikiran dan perasaan lebih plong dan tenang.
  • Jaga pola makan yang sehat. Dari waktu makan, dan jenis makanan yang dimakan. Usahakan yang bergizi, kaya nutrisi, serat dan vitamin. 
Konsultasi dengan dokter bisa jadi sarana lain untuk menjaga tumbuh kembang janin, ibu hamil tetap nyaman dalam proses kehamilannya. Biasanya dokter akan memberi saran apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya di hindari. Selain itu dokter juga biasanya memberi tambahan resep berupa suplemen atau multivitamin sebagai tambahan.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)