Jagalah Lisanmu

Lisan adalah salah satu bagian tubuh tak bertualang namun memiliki dampak tang begitu besarnya. Saudara bisa saling bermusuhan, suami istri bisa berpisah, antar negara bisa berperang. Bahayanya lisan jika tak terjaga.
Sumber gambar: hasmi.org

Lisan bisa membawa pada suatu bencana. Bisa juga menyatukan dan mendamaikan. Bisa di ibaratkan sebagai pedang bermata dua.

Belajar untuk menjaga lisan, terlihat susah susah gampang. Terlihat mudah karena hanya masalah ucapan, susah karena kata yang sudah terucap tak bisa di tarik lagi.

Dalam berbicara kita harus berpikir dahulu. Belajar untuk mengolah dahulu kata yang kita akan ucapkan. Manfaat dan mudaratnya. Walaupun itu terkesan becanda.

Lisan menjadi tanda dan tolak ukur dari keadaan hati seseorang. Jika hati seseorang baik, maka yang keluar dari lisannya juga baik, sebaliknya jika hati kotor, yang keluar dari hatinya juga kotor.

Perlu latihan dan belajar terus. Butuh pembiasaan. Tak lupa juga doa agar di beri kemudahan oleh Allah agar menjaga lisan.

Karena banyak yang bisa menjaga diri dari maksiat, menjauhkan diri dari riba, menjaga puasa sunah, dll. Tapi tak bisa menjaga lisannya dari berkata buruk, lisan yang tak terjaga.

Semoga kita bisa menjaga lisan kita, menjaga lisan dalam mengucap hal yang baik dan bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)