Pages

Subscribe:

Minggu, 30 September 2012

Tropong Bintang Buatan Sendiri

Pingin melihat bintang lebih dekat, cari-cari panduan cara bikin tropong bintang di internet akhirnya sy mencoba membuat teropong bintang sederhana dengan kaca pembesar (Lup). Di internet panduan sederhananya sih menggunakan 2 lup yang di pasangkan pada selongsong pipa. Dari sana saya mencoba mengembangkan untuk menggunakan beberapa lup, dengan pemikiran semakin banyak lup yang digunakan maka pembesarannya juga akan semakin besar. Nah disini saya menggunakan 5 kaca pembesar,dengan beberapa ukuran, yaitu 2 ukuran kecil, 2 ukuran sedang, dan 1 ukuran besar. Kebetulan disini (Mataram, NTB) ada toko yang menjual kaca pembesar dengan harga murah. klo ndak salah lup yang kecil 5 ato 6 rb/ buah, yg sedang 7 ato 8 rb /buah, dan yang besar 10 rb. Awalnya sih saya pingin menggunakan lensa dari mesin foto copy, dan sy udh coba nyari di tempat service mesin foto copy. Namun ternyata harganya sangat mahal. harga yang paling murah ditawarkan 150 rb, jadi mikir-mikir sy mau pake lensa mesin foto copy.

Untuk body dari teropongnya saya pake pipa dengan beberapa ukuran yang ukuranya hampir sama dengan lensa yang saya beli. Dalam proses pembuata bodinya sy akalin dengan memotong-motong dan mengelem pipa agar ukuran bisa sama dengan ukuran lensa. Untuk lebih menguatkan lem-leman dari hubungan antar pipa, sy membaut sambungan tersebut. Terinspirasi dari teropong bajak laut ato tropong bintang yang ada, saya mendesain bodi teropong sehingga bisa di perpanjang dan diperpendek. Kalo diperpanjang maksimal bisa sampai kurang lebih 80 cm, dan bila diperpendek maksimal bisa sampai kurang lebih 50 cm.
Nih foto bodi tropong hasil desainmya:



Trus gimana untuk hasil pembesarannya?. Nah ini dia yang perlu sy dan temen-temen coba pelajari dan mungkin klo da yg tau ntr bisa saling share lewat komen. Ternyata hasil perbesaranya ndak terlalu bagus, perbesaranya juga ndk begitu besar. Malah hasil perbesaran yang didapat dengan 5 lup yng saya pakai gambarnya terbalik. Ditambah lagi mungkin karena harga lup yang saya beli murah, jadi kualitasnya lebih rendah, sehingga saat digabungkan dengan lup lain kacanya menjadi buram. Sepertinya ini pengaruh dari kadar kejernihan kaca yang rendah. Kalo dibilang produkx blum berhasil sesuai harapan. Ya setidaknya kita udh mencoba untuk membuat dan berkreasi. Nah untuk temen-temen yang udah pernah nyoba' membuat dan hasil perbesaran teropong bagus mungkin bisa di share disini.

Oya untuk tambahan temen-temen mungkin bisa baca tulisan sy Belajar Lensa untuk Membuat Teropong

Semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat, selamat Berkereasi n Berkreatifitas...
Komennya ditunggu ya...

6 komentar:

wahyu prihadi mengatakan...

artikel yang bagus

Anonim mengatakan...

Coba buat teropong jenis reflektor/pantul, yang cuma pake cermin cekung sebagai pengumpul cahaya dan cermin cembung/datar untuk pemantulnya. Minta tolong juga, sy mau tanya, toko yang jual cermin cekung dan cembung di kota mataram di toko mana yaaa ?

riyan mengatakan...

Salam kenal...
Untuk pembelian cermin cekung n cembung d kota mataram masih kesulitan untuk toko yang benar" menjual lensa. kemarin lensa yng digunakan adalah lensa LUV yang dijual bnyak dipasaran/ toko" alat tulis. solusi lain cari d tmpat reparasi FotoCopy biasanya kt bs beli lensanya ja...

Anonim mengatakan...

Sayan bingung dengan istilah lup.. dimana mana lup itu kecil banget seukuran 1,5 Cm paling... dan harganya gak mungkin semurah itu... mungkin yang anda maksud kaca pembesar?

riyan mengatakan...

terimakasih atas koreksinya,kemungkinan besar harga murah karna kualitas kaca yang ngak bagus.

Anonim mengatakan...

- Semakin banyak lensa yang digabung (ditempelin) justru memperkecil bayangan krn fokusnya pendek

- semakin banyak lensa jika penempatan jaraknya gak bener malah bikin blur

- kaca pembesar mau mahal maupun murah tetep sama jenis lensanya cembung non coating.
kelemahan lensa cembubung : ada pembiasan warna pada sisi objek. semakin besar diameter semakin parah biasnya, apa lagi lensanya ditempel2in
- selain itu kelemahan lensa cembubung juga krena tidak adanya lapisan coating utk menahan sinar UV

kesimpulannya :
percobaan Tropong Bintang Buataan anda memiliki banyak kesalahan.
bukan skedar krn lensanya yg murah.

semoga bermanfaat

salam