Cara Merawat Printer Epson L100

Printer Epson L100 adalah jenis printer yang memiliki tabung eksternal yang merupakan bawaan dari pabrik. Produk printer Epson terkenal memiliki daya tahan cartride yang sangat kuat dibanding printer jenis lain, seumpama Cannon. Selain itu kualitas warna dan gambar hasil cetakan printer Epson lebih bagus. Untuk cara meemperbaiki printer Cannon bisa baca artikel sebelumnya disini. Untuk cara memperlancar tinta Cannon disini. Hanya printer Epson ini memiliki kekurangan yaitu waktu yang dibutuhkan untuk mengeprin lebih lama ketimbang printer jenis Cannon,saat mengeprin dengan mode booklet printer Epson pelipatannya dilakukan perlembar, tidak seperti printer Cannon yang pelipatanya sekaligus, karena telah memiliki rumusan saat pengeprinannya. Selain itu, harga print dan tinta yang lebih mahal dari printer lainnya.
Sumber gambar: www.epson.eu

Untuk masalah perawatan ada beberapa hal yang bisa dilakukan:
  1. Jangan menggunakan mode fast. Terkadang karena kita merasa proses pengeprinan terlalu lama, kita mengubah mode pengeprian menjadi mode fast (cepat). Disini cartride akan bekerja lebih keras dari sebelumnya. Berdasarkan pengalaman, jika kita menggunakan mode fast ini, lama-kelamaan cartride seakan tersumpal dan tidak bisa mengeluarkan tinta lagi.
  2. Saat pengeprinan selalu beri jeda untuk pengistirahatan. Bila kita mengeprint banyak umpama 200 lembar, diusahakan untuk melakukan pembagian saat pengeprinan. Umpama setiap 50 lembar printer diistirahatkan, selama kurang lebih 5 menit.
  3. Lakukan proses maintance berkala (mandiri). Untuk maintance berkala yang bisa dilakukan sendiri, dilakukan dengan cara memilih property printer, lalu pilih menu maintance. Biasanya jika tinta yang keluar tidak merata/ ada warna yang macet, kita bisa memilih opsi Head Cleaning. Di opsi head cleaning ada muncul 2 opsi lagi, yaitu Cleaning atau Power Cleaning. Sebaiknya pilih opsi Cleaning saja. Berdasarkan pengalaman jika memilih opsi Power Cleaning, printer sering menjadi Hang, tidak mau bekerja lagi, dan indikator led error berkedip-kedip. Selain itu jika memilih opsi Power Cleaning, tinta sering meluber keluar dari printer.

  4. Lakukan Service ke toko kepercayaan. Jika sudah tidak bisa ditangani sendiri, seperti printer hang, tidak mau bekerja lagi, solusi yang saya lakukan membawa ke tempat reparasi printer kepercayaan. Saya belum tau cara teknik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Setelah melakukan servis ke toko kepercayaan biasanya printer bisa berjalan kembali seperti semula. Beda kalau sama jenis printer Cannon, jika tinta ada yang macet biasanya disarankan untuk beli Cartride baru dikarenakan sudah tidak bisa diperbaiki lagi.
Selamat mencoba...
Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)