Memanfaatkan Lahan Sempit untuk Tanam Sayuran

Pemberdayaan lahan merupakan hal yang sangat penting disaat pengembangan perumahan yang begitu pesat. Lahan untuk bercocok tanampun seakan mulai berkuran dan tergusur. Banyak sawah, lahan, kebun yang berubah menjadi perumahan, pertokoan atau bahkan Mall.
Pemanfaatan lahan yang dibahas pada tulisan ini yaitu bagaimana memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk menanam sayuran. Bisa itu berupa tanam kecil yang dimiliki, lahan yang tak terpakai. Harapannya dengan lahan yang sempit/ kecil bisa dimanfaatkan sedemikian rupa, sehingga bisa memproduksi sayuran. Ada berbagai cara yang bisa digunakan, diantaranya menggunakan polibag ukuran kecil hingga besar. Memanfaatkan talang air hujan yang dimodif untuk digunakan sebagai pot, yang nantinya bisa digantung/ ditempel pada tembok.
Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditanam, dari bayam, sawi, tomat, terong, lombok, dll. Tergantung tanaman apa yang disukai dan ingin diproleh hasilnya. Dibutuhkan sedikit ketelatenan dan niatan untuk memulainya. Karena apabila tanaman inggin mendapatkan hasil yang optimal perlu perawatan, kandungan pupuk pada tanah harus dijaga, penyiraman tanaman harus telaten, dan penyiangan (mencabut rerumputan pengganggu) kadang perlu dilakukan. Selain perawatan, pemilihan lokasi untuk meletakkan tamaman juga perlu diperhatikan. Ada baiknya tanaman diletakkan di lokasi yang mengenai sinar matahari pagi (matahari pukul 8-10 an), diusahakan tidak terkena matahari yang terlalu terik yang dapat menyebabkan tanaman mati kekeringan. Pemilihan bibit juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan diperoleh.
Hitung-hitung dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam sayuran kita dapat memenuhi "sedikit" kebutuhan sayur sendiri, kita tahu persis kualitas sayuran yang kita tanam (bisa bebas peptisida jika kita tidak menggunakannya), memperindah taman yang kita miliki (Hijau cerah gtu), melatih ketelatenan saat merawat tanaman, dan menjadi hiburan tersendiri saat menyiram atau memanen hasil yang diperoleh.

Semoga bermanfaat....

Baca juga:
Meningkatkan Produksi Belimbing

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)