Monday, October 26, 2015

Membuat Power Suplay 5 Volt

Saat membutuhkan power suplay dengan arus yang besar (kisaran 5 A) dan juga stabil setelah google-ing untuk cari rangkaian yang cocok Ditemukan situs skemarangkaianpcb.com. Disitus ini dipaparkan cara membuat powersuplay yang stabil untuk digunakan ke beban TTL atau mikrokontroler. Kebetulan saya juga menggunakan untuk mikrokontroler ditambab beban beberapa servo yang akan dikontol. Gambar rangkaian yang digunakan sebagai berikut:
Sumber: http://skemarangkaianpcb.com/rangkaian-power-supply-5v-5a-mj2955/

Dari skema diatas kita dapat mengetahui komponene-komponen yang digunakan. Secara umum beberapa komponenen yang digunakan dan fungsinya dalam rangkaian adalah sebagai berikut:
  1. Trafo step down 220 V ke 12 V, 5 Amper tanpa CT. Berfungsi sebagai penurun tegangan AC dari 220 V AC ke 12 V AC. Dipasaran harganya Rp. 85.000.
  2. Jembatan Dioda 5 A. Berfungsi sebgai penyearah gelombang, jadi dari glombang AC akan diubah menjadi DC. Harga kisaran 3-4 rb.
  3. IC 7805. Sebagai regulator tegangan 12 V DC menjadi  5 V DC. Dipasaran harga berkisar 3 rb.
  4. Transistor PNP MJ 2955 dengan Heat sink. Berfungsi sebagai penguat arus dari keluaran legulator 7805 hingga 10 A. Heat sink digunkan agar mengurangi panas saat terkena baba. Harga dipasaran tanpa heat sink kisaran Rp. 10-15 rb. Heat sink kisaran 5-10 rb tegantung ukuran.
  5. Resistor 33 ohm 5 W (resistor tahu). Fungsi pastinya belum tau pasti, tapi sepertinya sebagi penghambat tegangan atau arus agar masuk ke gate transistor. Dipasaran harganya 3 rb.
  6. Kapasitor dengan beberapa nilai. Berfungsi penstabil atau penghalus (smoothing) tegangan DC. Dipasaran harganya kisaran 500 rupiah hingga 2 rb rupiah.
Jika ditotal dana yang dibutuhkan untuk membuat power suplay ini beriksaran 100 rb rupiah. Keluaran tegangannya bisa dikatakan stabil, tapi tergantung beban yang digunakan. Klau saya karena menggunakan beban berupa beberapa motor servo dengan torsi yang cukup besar, keluaran dari teganggan power suplay ini masih kurang cukup kuat. Jadi tergantung penggunaan power suplay ini untuk beban apa. Berikut tampilan dari power suplay yang telah dibuat:
Ada beberapa kesalahan yang saya lakukan yaitu resistor yang saya gunakan 330 ohm padahal yang dibutuhkan 33 ohm. Transistor MJ2955 tidak saya tambahan heat sink. Mungkin ini jadi salah satu penyebab keluaran tegangan dari power suplay yang saya buat tidak cukup kuat dan stabil. Untuk rangkaian PCB saya membuat dengan program EAGLE, yang ingin mencoba membuat bisa sedikit diperbaiki dengan memberi jarak transistor jengkol MJ2955 dengan resistor tahu, untuk memberi luang pemasangan Heat sink. Tampilan skema yang telah dibuat:
File EAGLE skema download DISINI.

Selamat mencoba...
Semoga bermanfaat....

Baca Juga:
Prototipe Robot Lengan berbasis Arduino Mega 2560 dengan Pengendali Pergerakan Lengan Manusia

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru