Cara Menambahkan Libraries Arduino

Disaat kita mendapatkan suatu program Arduino di internet, saat kita mencoba untuk mengkompile kita mendapatkan pesan error bahwa ada library yang tidak ditemukan. Librarry memiliki manfaat layaknya sebagai program tambahan yang membantu suatu program agal lebih mudah dipahami dan lebih mudah dalam pendeklerasian programnya. Didalam library birisi perhitungan-perhitungan, atau ruusan algoritma yang nantinya akan dipanggil pada program arduino. Jadi pada program arduino kita hanya menggunakan fungsi dalam bentuk 1 kata, namun sebenrnya penjabarannya yang bisa amat rumit terletak pada librrary. Jadi untuk membuat suatu library kita harus bener-bener Pro dan paham akan logika program.

Artikel lain:
Membuat Aplikasi Android dgn MIT App Inventor2
Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 


Biasanya dalam program arduino Library yang digunakan dideklarasikan di awal program, paling atas dengan perintah #include<...>. Biasanya dilama tanda <....> ada kata dengan tambahan huruf .h. Contohnya wire.h. Jika suatu librarry tidak tersedia makan akan muncul pesan error saat dikompile.
Librrary yang digunakan tertulis di awal program

Library yang tidak tersedia, muncul pesan error saat di kompile

Untuk mengatasi hal ini, Berikut yang bisa kita lakukan:

  1. Melihat pesan error pada bagian bawah program arduino usai dikompile. Dalam contoh ini librrary kalman.h tidak tersedia.
  2. Langkah selanjutnya kita mencari librrary memanfaatkan mensin pencari, google umpamanya. Ketikan download kalman.h. Maka akan muncul banyak pilihan. Namun paling disarankan untuk mendownload dari situs github.com. Karena biasanya situs ini menyediakan banyak library untuk arduino.
  3. Setelah folder zip kita download, kita tingga ekstrak filex, saat mengekstrak file sebaiknya pilih opsi ektrak hire... (jika dalam file zip terdapat folder). Nah hasil ektraknya ini tinggal kita pindahkan ke folder library arduino.
  4. Letak folder libraries biasanya, Data C/ Program File/ Arduino/ Libraries. Setelah ketemu folder librariesnya tinggal kita paste file hasil ekstrak di foleder ini.
  5. Untuk melihat hasil library kita perlu menutup semua program arduino yang dibuka, lalu membuka ulang. Dengan demikian library baru telah terbaca pada program.
Tips untuk mendownoad librarry di gitHub.com. Jika saat mencari library terkadang kita menemukan file kode yang tidak ada pilihan download zip. Untuk menampilkan pilahn download ini kita tinggal memilih pilihan dikiri atas sebelum tanda slash (/) dari nama lirary yang kita cari. Contoh tertulis KalmanFilter/Kalman.h, nah kita tinggal klik KalmanFilter dan diarahkan ke halaman baru yang disisi kanan atas ada pilihan Download Zip. Tinggal didownload filenya....
Tidak ada tampilan Donload Zip

Tmpilan Dowload Zip telah tersedia di kanan atas
 
Selamat Mencoba....Semoga Bermanfaat....

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)