Tuesday, August 4, 2015

Menggunakan Sensor Flex

Sensor flex adalah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi suatu kelengkungan Prinsip kerjanya sama seperti potensio. Untuk menggunakan sensor flex kita membutuhkan rangkaian pembagi tegangan. Sensor flex dapat di aplikasikan pada beberapa perangkat, biasanya digunakan sebagai pengontrol game pada sarung tangan pengendali. Selain pada aplikasi game sensor flex juga biasa digunakan untuk pengontrolan robot, sebagai pembaca isarat tangan digital.

Artikel Lain:
Menggunakan Ardumoto (Driver Motor DC) Arduino
Menggunakan Modul L298N (Motor Driver) Arduino
Arduino Mengontrol Stepper dengan ULN2003




Sensor yang dikeluarkan oleh SparkFun ini dipasaran Indonesia memiliki harga pasaran Rp. 100-150rb untuk sensor flex yang 2,2" dan Rp. 250-300rb untuk yang ukuran 4,5". Kalau disitus Sparkfun harga dalam dolar 8,95 untuk ukuran 2,2" dan 12,95 untuk ukuran 4,5". Memang mahal sih tapi untuk stok di Indonesia capat sekali habisnya, ini berarti sensor ini banyak digunakan di Indonesia.


Untuk skematik penggunaan contoh menggunakan ArduinoMega tapi untuk Arduino Uno pin yang digunakan sama yaitu Analog pin dari pin 0 sampai 4 (A0-A4). Untuk pembagi tegangan yang digunakan adalah resistor 10K, namun bisa divariasikan sesuai keinginan. Berikut gambar skemanya:

Untuk perogram pembacaan nilai sensor flex bisa didownload disini.

Pada analisanya kita bisa mengunakan rumus pembagi tegangan untuk mencari tegangan keluaranya dan untuk data ADC kita menggunakan perbandingan. berikut rumus-rumusnya:
 Pada tegangan nilai Vi bernilai 5 volt sesuai keluaran arduino yang digunakan, nilai R1 adalah 10 K sesuai dengan resistor pembagi tegangan yang digunakan dan R2 adalah nilai dari sensor flex yang terukur. Pada data ADC VinAnalog adalah nilai tegangan luaran dari sensor flex yang terukur.


Selamat mencoba, Semoga bermanfaat....

Baca Juga:
Cara Menambahkan Libraries Arduino
Mengontrol Motor DC dengan Potensio
Menggunakan IC Motor Driver L293D
Pengujian Sismin Arduino Mega 2560 (Kombinasi LED) 

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru