Menggunakan 3 Sensor Ping

Pengaplikasian sensor ping banyak dijumpai dalam keseharian. Contoh untuk mobil jenis terbaru, banyak menggunakan sensor ping di bagian belakang mobil, gunanya untuk memberi indikator mobil dengan benda saat mengatret. Dalam robotika juga sering digunakan, untuk robot yang dilombakan, seperti robot pemadam api, robot berkaki biasa menggunakan banyak sensor ping sekaligus. Kali ini penulis mencoba membgi pengalaman untuk menggunakan dengan 3 sensor ping sekaligus. Contoh dari penggunaan 3 sensor ping ini penulis dapatkan dari situs: http://www.amazingtips247.co.uk/2014/12/turning-3-ledson-and-off-3-ultrasonic.html.

Baca Juga:
Mengontrol Motor DC dengan Potensio
Menggunakan IC Motor Driver L293D
Pengujian Sismin Arduino Mega 2560 (Kombinasi LED) 

Dari video dan program yang dishare disitus tersebut, dapat dipahami bahwa setiap sensor ping mendeteksi jarak terhadap benda disekitarnya. LED sebagai indikator untuk mengetahui batas ambang jarak yang ditentukan antara benda dengan sensor. Pada program diproleh untuk sensor Ping ke-1 LED akan menyala jika telah mencapai jarak < 30 cm, untuk sensor Ping ke-2 LED akan menyala jika telah mencapai jarak < 20 cm, dan untuk sensor Ping ke-3 LED akan menyala jika telah mencapai jarak < 10 cm. Jadi jika ingin menguba-ubah amabang batas antara sensor ping dengan benda, tinggal diubah diprogramnya saja.

Untuk konfigurasi pinya, penulis mengubah program asli dari situs diatas sesuai kebutuhan dan agar bisa digunakan di papan Arduino Uno. konfigurasinya sebagai berikut:

ledPin = 8
ledPin2 = 9
ledPin3 = 10
trigPin = 2
echoPin = 3
trigPin2 = 4
echoPin2 = 5
trigPin3 = 6
echoPin3 = 7

Tampilan setelah konfigurasi sebagai berikut:
Untuk tampilan jarak yang terbaca pada serial monitor, sbb:
Agar lebih mudah dalam mengamati keluaran, nilai delay pada program bisa ditambah. Pada program hanya menggunakan delay sebesar 80 ms (microsecond).
Program dari penggunaan 3 sensor ping bisa dilihat di situs diatas, atau bisa mendownload program ang penulis telah ubah. Pengubahan dilakukan hanya pada pengkonfigurasian pin dan penambahan kata "ping1, ping2, ping3" untuk membedakan dan mengetahui keluaran dari masing-masing sensor ping. Programnya bisa didownload DISINI.

Selamat mencoba...
Semoga bermanfaat....

Baca juga:
Belajar Sensor Kit Arduino
Menggunakan Buzzer Arduino
Menggunakan Power Supply PC untuk Mikrokontroller
Menggunakan Sensor Cahaya (LDR) Arduino

Comments

  1. Hi Riyan thanks for the nice post but could you please make the link (http://www.amazingtips247.co.uk/2014/12/turning-3-ledson-and-off-3-ultrasonic.html) clickable, so if anyone needs additional help they can visit that site just by clicking on it. thanks :)

    ReplyDelete
  2. Ok. I have made it. Thanks for visit....

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's very kind of you. :) my friend are you interested in making stuffs with arduino?

      Delete
  3. U welcome. ofcourse. i interested making stuffs with arduino. First, i try to meke simple stuff with arduino.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)