Menggunakan Sensor Cahaya (LDR) Arduino

Sensor cahaya yang digunakan pada percobaan kali ini adalah LDR (Light Deoendent Resistor). Sebelum memaparkan langkah-langkah untuk menggunakan LDR ini ada baiknya dipaparkan penjelasan mengenai LDR.

Light Dependent Resistor (LDR) atau disebut juga fotokonduktor merupakan sakah satu jenis sensor optik yang digunakan dalam rangkaian elektronika. Seperti fotodioda, LDR juga memanfaatkan intensitas cahaya. LDR disusun menggunakan 2 buah pin yang bisa dipasang secara bolak-balik. LDR berfungsi untuk mengubah intensitas cahaya menyadi tahanan listrik (resistansi) pada rangkaian elektronika. Resistansi yng dihasilkan LDR berubah sesuai perubahan intensitas cahaya yang masuk. Semakin terang atau banyak intensitas cahaya yang masuk, resistansi keluaran LDR semakin kecil. Semakin gelap atau semakin sedikit intensitas cahaya yang masuk, resistansi keluaran LDR semakin besar. (Buku Jago Elektronika. Hal:34, Franky Chndra & Deni Arifianto. Penerbit Kawan Pustaka)

Artikel lain:
Membuat Aplikasi Android dgn MIT App Inventor2
Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 

Tampilan Jenis" sensor LDR. Sumber Gamr: buku Beginning Arduino hal 94


Prinsip kerjanya yaitu Sensor LDR digunakan sebagai inputan untuk mendetksi intensitas cahaya, keluaranannya berupa suara detakan dari buzzer. Jika intensitas cahaya kurang, detakan dari buzzer terdengar lambat hal ini dikarenakan resistansi dari LDR bertambah, namun bila intensitas cahaya tinggi maka bunyi detakan dari buzzer menjadi semakin cepat, hal ini dikarenakan nilai resistansi dari LDR berkurang. Berikut tampilan Videonya:


Untuk skematik yang digunakan sebagai berikut:
Skematik hubungan. Sumber Gambar: buku Beginning Arduino hal 93
Buzzer dihubungkan ke pin 8, sensor LDR dipasang dengan menggunakan prinsip pembagi tegangan agar keluaran sensor LDR bisa dibaca, dipasang pada pin A0.
Pembagian Tegngan sensor LDR. Sumber Gambar: buku Beginning Arduino hal 95

Untuk kode yang digunakan bisa didownload DISINI

Tutorial ini mengikuti buku Beginning Arduino. Yang ditulis oleh Michael McRoberts. Pada halaman 92-95.
Pada buku dijelaskan secara lengkap dan mendetail mengenai skript program yang digunakan atau rangkaian yang digunakan. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada bukunya langsung.
Sumber gambar: http://www.amazon.co.uk/Beginning-Arduino-Michael-McRoberts/dp/1430232404
Selamat mencoba...
Semoga bermanfaat....

Baca juga:
Cara Menambahkan Libraries Arduino
Mengontrol Motor DC dengan Potensio
Menggunakan IC Motor Driver L293D
Pengujian Sismin Arduino Mega 2560 (Kombinasi LED) 

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)