SCADA

SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) adalaha sistem untuk monitoring dan mengontrol yang beroperasi dengan sinyal kode melalui saturan komunikasi jarak jauh (biasanya menggunakan satu saluran komunikasi per stasiun jarak jauh). Sistem kontrol dapat dikombinasikan dengan sistem akuisisi data dengan menambahkan penggunaan sinyal kode melalui saluran komunikasi untuk memperoleh informasi tentang status peralatan remot (pengendali jarak jauh) untuk menampilkan atau untuk fungsi merekam. Ini adalah jenis industrial control system/ sistem kotrol industri (ICS). Sistem kontrol industri adalah sistem berbasis komputer yang memantau dan mengontrol proses industri yang ada dalam dunia nyata, sistem SCADA secara historis membedakan diri dari sistem ICS lainya dengan enjadi proses skala besar yang dapat mencakup beberapa situs (Sites), dan jarak yang besar. Proses ini meliputi industri, infrastruktur, dan proses berbasis fasilitas, seperti dijelaskan di bawah ini:

Artikel lain:

  • Proses industri menaku kepentingan manufaktur, produksi, pembangkit listrik, fabrikasi, dan penyulingan, dan dapat berjalan secara kontinyu. batch, berulang, atau mode diskrit
  • Proses infrastruktur mungkin publik atau swasta, dan termasuk penolahan air dan distribusi, koleksi air limbah dan pengobatan, jaringan pipa minyak dan gas, transmisi tenaga listrik dan distribusi, peternakan angin, sistem sirine pertahanan sipil, dan sistem komunikasi yang besar.
  • Proses fasilitas terjadi baik di fasilitas umu dan yang swasta, termasuk bangunan bandara, kapal, dan stasiun ruang angkasa. Meraka memantau dan mengendalikan, pemanasan, ventilasi, dan sistem pendingin udara (HVAC), akses, dan konsumsi energi.
Komponen Umum Sistem

Sebuah sistem SCADA biasanya terdiri dari subsistem berikut:
  • Remote terminal Units/ Remote unit terminal (RTU) terhubung ke sensor dalam proses dan mengkonversi sinyal sensor ke data digital. Mereka memiliki hardware telemetri mampu mengirim data digital dengan sistem pengawasan, serta menerima perintah digital dari sisteem pengawasan. RTU sering tertanam kemampuan kontrol seperti logika tngga untuk mencapai oprasi logika boolean.
  • Programmable Logic Controller (PLC) terhubung ke sensor dalam proses dan mengkonversi sinyal sensor ke data digital. PLC memiliki kemampuan lebih canggih pengontolan tertanam (biasanya satu atau lebih IEC 61131-3 bahasa pemrograman) dari RTU. PLC tidak memiliki hardware telemetri, meskipun fungsi ini biasanya diinstal bersama mereka. PLC kadang-kadang digunakan di tempat RTu sebagai perangkat lapangan karena mereka lebih ekonomis, serbaguna, fleksibel, dan dikonfigurasi.
  • Sebuah sistem telemetri biasanya digunakan untuk menghubungkan PLC dan RTU dengan pusat kontrol, gudang data, dan perusaaan. COntoh media telemetri kabel yang digunakan dalam sistem SCDA termasu disewakan saluran telpon dan sorkuit WAN. Contoh media telemetri nirkabel yang digunakan dalam sistem SCADA termasuk satelit (VSAT), berlisensi dan tidak berlisensi radio, slular dan microwave.
  • Sebuah server akuisisi data adalah layanan software yang menggunakan protokol industri untuk menghubungkan layanan perangkat lunak, melalui telemetri, dengan perangkat bidang seperti RTUs dan PLC. Hal ini memungkinkan klien untuk mengakses data dari perangkat lapangan ini menggunakan protokol standar. 
  • Sebuah antarmuka manusia-mesin / Human Machine Interface (HMI) adalah peralatan antau perangkat yang menyajikan data yang diproses untuk operator manusia, dan melalui ini, monitor operator manusia, dan melakukan ini, monitor operator manusia dan berinteraksi dengan proses tersebut. HMI adalah klien yang meminta data dari server akuisisi data atau di kebanyakan instalasi HMI adalah antarmuka pengguna grafis untuk operator, mengumpulkan semua data dari perangkat ekstrnal, membuat laporan, memberikan peringatan (alarm), mengirimkan pemberitahuan, dll.
  • Seorang sejarawan / A Historian (pencatatan) adalah layanan software yang mengumpulkan data berdasarkan waktu yang memiliki tanda/ berstempel, peristiwa boolean, dan alarm boolean dalam database yang dapat dipertanyakan atau digunakan untuk mengisi tren grafis di HMI. Sejarah adlah klien yang meminta data dari server akuisisi data.
  • Sebuah pengawas (komputer) siste, pengumpulan data (mengakuisisi) pada proses dan mengirim perintah (kontrol) ke sistem SCADA.
  • Infrastruktur komunikasi yang menghubungkan sistem pengawasaan dengan unit terminal jarak jauh.
  • Berbagai proses dan instrumentasi analitis.
Konsep Sistem

Istilah SCADA biasanya mengacu pada sistem terpusat yang memonitor dan mengontrol seluruh situs, atau kompleks sistem tersebar di daerah yang luas (apa pun dari sebuah pabrik industri). Kebanyakan tindakan kontrol dilakukan seara otomatis oleh RTUs atau dengan PLC. Fungsi kontrol host (tuan rumah) biasanya intervensi tingkat pengawasan. Misalnya, PLC mungkin mengontrol aliran air pendingin melalui bagian dai proses industri, tetapi sistem SCADA memungkinkan operator untuk mengubah set poin untuk alira, dan memungkinkan kondisi alarm, seperti hilangnya aliran dan suhu tinggi, untuk ditampilkan dan direkam. Kontrol unmpan balik melewati RTU atau PPLC. Sedangkan sistem SCADA memantau kinerja keseluruhan pengulangan (loop).
SCADA's schematic overview. Image saource:https://en.wikipedia.org/wiki/SCADA

Akuisisi data dimulai pada RTU atau PLC tingkat dan termasuk pembacaan meter dan laporan status peralatan yang dikomunikasikan kepada SCADA yang diperlukan. Data tersebut kemudian disusun dan diformat sedemikian rupa sehingga operator ruang kontol enggunakan HMI dapat membuat keputusan pengawasan untuk menyesuaikan atau menimpa RTU (PLC) kontrol normal. Data juga dapat diumpankan ke Historian, sehingga dibangun di atas Sistem Managmen komoditas Database, untu memungkinkan tren dan audit alanisa lainya.

Sistem SCADA secara sifnifikan sistem penting yang digunakan dalam infrastruktur nasional seperti jaringan listrik, pasokan air dan jaringan pipa. Namun, sistem SCADA mungkin memiliki kerentanan keamanan, sehingga sistem harus dievaluasi untuk mengidentifikasi risiko dan solusi diimplementasikan untuk mengurangi risiko tersebut.

Human-Machine Interface

A Human-Machin Interface / antarmuka manusia-mesin (HMI) adalah perangkat input-output melalui operator manusia menggendalikanproses, dan yang menyajikan data proses untuk operator manusia.
Typical basic SCADA animations. Image saource:https://en.wikipedia.org/wiki/SCADA

HMI (Human-Machine Interface) biasanya terkait dengan database sistem SCADA dan program perangkat lunak, utuk menyediakan tren, data diagnostik, dan informasi manajemen seperti prosedur pemelihraan terjadwal, informasi logistik, skema rinci untuk sensor atau mesin tertentu, dan pakar-sistem panduan pemecahan masalah.

Sistem HMI biasanya menyajikan informasi kepada personil operasi grafis, dalam bentuk diagram yang realtime/meniru. Ini berarti behw operator dapat melihat representasi skematis dari pabrik yang dikendalikan. Misalnya, gambar pompa yang terhubung ke pipa dapat menunjukkan operator bahwa pompa berjalan dan berapa banak vairan yang melalui pipa pada saat ini. Operator kemudian dapat menonaktifkan/ mematikan pompa. Perangkat lunak HMI akan menunjukkan laju aliran cairan dalam penurunan pipa secara real time. Diagram mimic dapat terdiri dri grafik garis dan simbol skematik untuk mewakili elemen proses, atau dapat terdiri dari foto digital dari peralatan proses yang dilambangkan dengan simbol animasi

Paket HMI untuk sistem SCADA biasanya meliputi program gambar bahwa operator atau personil pemeliharaan sistem digunakan untuk mengubah vara poin (komponen/sensor) yang diwakili dalam antarmuka. Resperentasi ini dapat ditampilkan secara sederhana sebagai lampu lalu lintas di layar, yang mewakili negara dari lampu lalu lintas yang sebenarnya di lapangan, atau sebagai konpleks yang ditampilkan di layar multi-proyektor yang mewakili posisi semua ligt di gedung pencakar langit atau semua kereta di jalur kereta api.

Sumber: Tulisan ini semua diterjemahkan dan disesuaikan dari situs :https://en.wikipedia.org/wiki/SCADA

Semoga Bermanfaat...

Baca Juga:
Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)