Cara Mudah Menghafal Angka-Angka

Menghafal angka-angka terkadang menjadi hal yang menyulitkan bagi seseorang. Padahal jika kita bisa mudah menghafal suatu deretan angka dengan mudah, kemampuan ini pasti sangat membantu. Contohnya kita mencoba menghafal nomor telplon dari teman, atau menghafal nomor plat kendaraan saat melihat insiden penjambretan. Begitu bermanfaatn dan berguna dalam aplikasi sehari-hari.

Ada banyak metode yang bisa dipakai untuk membantu kita mempercepat proses penghafalan angka ini. Tulisan dari situs id.wikibooks.org yang membahas teknik menghafal bisa menjadi salah satu patokan yang bisa kita gunakan.

Artikel lain:
Jadi untuk mempermudah mengingat angka-angka, kita dapat mengubah angka-angka tersebut menjadi suatu sosok benda atau barang yang ada disekitar kita. Contohya (bersumber dari situs id.wikibooks.org ):

Nomor  Bentuk Nomor 
0      telor, hola hoop, cincin, bola, kelereng, bumi, mars, matahari, goa, lubang apa saja 
1      tongkat, pedang, pensil, rokok, tiang, ulat bulu, sapu
2      angsa, gantungan baju, orang (duduk) sholat, zorro, 
       keluarga berencana, peace (salam dua jari)
3      burung terbang, kelelawar, batman, gunung kembar, bra, di dalam bra, (maaf) pantat
4      layar kapal, bendera, salah satu dari fantastic four, 
       (jangan bayangkan kursi, sudah digunakan untuk angka 5)
5      kuda laut, kursi roda, orang hamil, ular kobra, tangan bajak laut 
6      tali gantung diri, tongkat golf, belalai gajah, peniti
7      kapak, cangkul, sabit, clurit
       (jangan bayangkan bendera, sudah digunakan untuk angka 4)
8      boneka salju, batu ditumpuk, orang-orangan di sawah, 
       kaca mata, teropong (binocular), lubang hidung 
9      raket, raket nyamuk elektrik, kecebong, (maaf) spermatozoa, ikan paus, balon 

Dari ilustrasi hubungan angka-angka diatas kita bisa mengganti ilustrasi tersebut seseuai dengan keinginan kita sendiri. Biar lebih mudah dalam peroses pengiangatannya.

Setelah kita memiliki "data base" sendiri hubungan angka dengan benda, kita dapat menggabungkan benda-benda tersebut menjadi satu untuk menghafalkan suatu deretan angka. Dibuat seperti suatu kisah atau cerita, dan bayangkan gambaran dari kisah atau cerita tersebut dalam benak kita. Walau kisahnya terkadang rada aneh dan ngak nyambung, tapi ingetan kita sangat suka dan amat mudah dalam menghafal hal yang seperti itu, dan saat kita memanggil kembali ingatan tersebut, biasanya lebih mudah dan cepat, serta tidak mudah dilupakan. Contohnya nih:

67487652


Kisahnya sebagai berikut:
Tongkat golf memukul cangkul dan mengenai layar kapal yang dimiliki manusia salju. Cangkul membalas tongkat golf dan mengenai tangan bajak laut yang digunakan si bebek.

Dari kisah diatas memang terlihat aneh tapi mudah diingat dan tidak mudah dilupakan, apalagi jika dalam benak kita ada ilustrasi cartunnya. Wah, tambah inget dah pokoknya. Intinya sering mencoba dan sering dipraktikkan nanti akan terbiasa.

Selamat Mencoba....
Semoga Bermanfaat.....

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)