Saturday, December 5, 2015

Memihara Senyuman

Tuisan ini di kutip dari buku The Miracle Of Senyum, yang ditulis oleh: Anisa Ami dan diterbitkan Penerbit Laskar Aksara.  Berikut ktipan bagaimana cara untuk memelihara senyuman:

Tersenyum memang perlu dipelihara dan dirawat. Bahkan, pada beberapa orang, perlu dilakukan penumbuhan kembali. Itu karena penyakit hati tengah menggerogotinya. Itulah mengapa dibutuhkan cara-cara tertentu untuk menumbuhkan dan memelihara senyuman Anda. Anda harus berusaha menghilangkan sifat" negatif dalam diri Anda agar bisa tersenyum  kembali.

Artikel lain:
Mengenal sikap" negatif penghambat snyum
Bila Anda merasa sulit untuk tersenyum kepada orang lain, bisa jadi Anda memiliki sifat-sifat negatif yang menghambat senyuman terpncar dari wajah Anda. Mungkin Anda adalah orang yang  merasa bahwa senyum adalah seseuatu yang mahal dan hanya akan Anda berikan kepada orang" tertentu saja.

Muhammad Thobroni dalam bukunya Mukjizat Senyum mengungkapkan penghambat semyuman dalam tujuh sifat:
  1. Sombong
  2. Eksklusif
  3. Sektaria
  4. Otoriter dan monologis
  5. Egois
  6. Pesimistis
  7. Berpikir rumit dalam melihat peluang
Menumbuhkan dan memelihara senyum
Disini, akan dibedakan antara usaha untuk menumbuhkan dan usaha untuk memelihara senyum. Sepertu yang telah dijelskan sebelumnya, pada beberapa orang, telah timbul sifat-sifat negatif sehinggga kehilangan senyuannya. Dengan demikian, ia memerlukan usaha penyembuhan senum lalu disusul dengan usaha pemeliharaan,

Menumbuhkan Senyum
Pada Usaha menumbuhkan senyum, prinsip yang digunkan adalah pengubahan pola pokir. Anda mungkin tidak  menyadari bahwa pola pikir Anda membuat hari-hari Anda tegang dan membuat Anda rentan terhadap stres. Anda tinggal mengubah pola pokir Anda tentang diri Anda sendiri, orang lain, dan lingkungan di sekita Anda. Berikut langkah" untuk menumbuhkan senyuman:
  1.  Cintai diri Anda
  2. Anggaplah orang lain sebagai saudara
  3. Anggaplah kantor sebagai kamar kerja Anda
  4. Anggaplah lingkungan sebagai rumah Anda
  5. Anggaplah bekerja sebagai kelas belajar
  6. Anggaplh rumah sebagai surga Anda
Memeilhara Senyum
Pada kondisi tertentu, senyum bisa  menghlangkan dari bibir kita. Hal ini mungkin disebabkan ileh trauma karena musibah atau hal buruk lainnya. Untuk itu, kita harus bisa melakukan strategi dan mensyiasati agar senyum kita terpelihara. Berikut ini adalah langkah-langkah pemeliharaan untuk bisa menjaga kualitas dan kuntitas senyum.
  1. Pelihara daerah mulut (kebersihan)
  2.  Membaca buku" humor
  3. Tersenyum di depan cermin setiap pagi
  4. Bergau dengan orang-orang yang sering tersenyum
  5. Memelihara sifat" positif
Sumber: The Miracle Of Senyum. Ditulis oleh: Anisa Ami. Penerbit Laskar Aksara
Sumber gambar: www.bukukita.com
Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru