Bagaimana Cara Agar Produktif Menulis?

Menulis merupakan suatu aktifitas untuk menuangkan ide gagasan, pengalaman, kisah dalam bentuk tulisan. Sebagian orang sudah terbiasa dengan kegiatan tulis menulis ini. Banyak juga yang menjadikan dunia tulis menulis sebagai profesi utamanya. Dengan menulis kita bisa membagikan informasi, bertukar pemikiran dan sebagai sarana untuk merekam suatu kejadian. Namun terkadang kita sering mengalami kebuntuan saat diawal akan mulai menulis, bingung apa yang ditulis, merasa takut atau khawatir tulisannya mengandung banyak kesalahan. Jika telah bisa mengatasi hal tersebut muncul lagi permasalahan bagaimana untuk bisa menjadi penulis yang produktif, tetap terus dan stabil dalam menghasilkan karya tulis.

Artikel lain:
Manfaat Ngeblog
Walyk Wallpaper Changer
Game Online bisa di 'Offline-kan'

Sumber Gambar: www.maxmanroe.com

Pertanyaan ini sering muncul, terutama yang mencoba untuk belajar nulis produktif. Temasuk saya juga nih. Pernah baca-baca dibuku yang membahas mengenai Blogger dan beberapa pengalaman yang penulis pernah alami, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar kita bisa produktif dalam menulis:
  1. Terus belajar. Dengan terus berusaha untuk menambah ilmu dan pengetahuan, tentunya kita akan memperoleh banyak ilmu pemahaman ke dalam pikiran kita. Belajar ini sangat luas artinya, selain di sekolah atau kampus, kita juga bisa belajar melalui lingkungan sekitar kita, alam, jalanan, yah... dimana kita berada bisa dijadikan sarana kita untuk belajar.
  2. Membuka Wawasan. Membuka wawasan bisa kita sebut juga sebagai hasil kita belajar. Dengan wawasan yang luas kita akan bisa memiliki banyak sudut pandang dalam melihat suatu masalah, dengan beberapa sudut pandang kita ini, nantinya bisa kita jadikan bahan yang luas untuk dijadikan suatu tulisan. Dengan luanya wawasan maka bobot dari tulisan kita akan menjadi lebih berisi.
  3. Banyak Membaca. Membaca sudah menjadi modal dasar dan awal agar kita bisa menjadi penulis yang produktif. Menbaca merupakan bahan dasar untuk kita bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, kalau belum sampai tahap berkualitas setidaknya kita punya refrensi untuk membuat suatu tulisan. Tapi perlu diingat membaca disini bukan hanya dalam bentuk membaca buku, tapi ada hal yang bisa jadi lebih dari buku, yaitu membaca lingkunan sekita, membaca pesan-pesan dari alam, dst. Membaca itu sangat luas arti dan maknanya.
  4. Komitmen. Setelah kita memiliki bekal untuk menulis yang cukup langkah selanjutnya yaitu kita berkomitmen untuk konsisten memulai menulis. Berawal dari tulisan pendek tapi kita konsisten dan terus menjaga komitmen, tidak mustahil tulisan itu menjadi tulisan yang panjang di kemudian hari.
  5. Cari Suport. Mencari suport diartikan mencari dukungan agar kita tetap belajar menulis. Kita bisa mencari guru atau mentor yang dapat membantu kita untuk menulis. Banyak lho penulis yang sudah terkenal memiliki guru atau mentor dalam proses menulisnya.
  6. Bergaul dengan lingkungan penulis. Teman dan lingkungan adalah hal yang sangat mempengaruhi seseorang. Bergaul dengan seseorang penulis tentu akan sangat membantu kita untuk menjadi penulis juga. Harapannya dengan sering bergaul dilingkungan penulis kita 'kecipratan' ilmu mengenai dunia kepenulisan.
  7. Buat jurnal Harian. Biar kita terbiasa menulis dibutuhkan suatu sarana yang kita gunakan, salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah dengan membuat buku catatan harian. Isi dari buku ini bisa berisi kegiatan kita sehari-hari, kesan, pesan atau perasaan kita terhadap sesuatu. Dengan membiasakan menulis setiap harinya, nantinya perlahan kemampuan kita dalam dunia kepenulisan akan meningkat.
  8. Memulai dari tulisan sederhana dan dipahami. Untuk memulai menulis, jangan berpikir untuk langsung menulis hal-hal yang sulit, pingin tulisan yang 'keren'. Kita sebaiknya mencoba untuk menulis hal-hal yang sederhana, hal-hal yang kita pahami, dengan demikian saat menulis kita akan lebih mudah.
  9. Jangan takut salah. Biasanya nih, saat kita memulai menulis pikiran kita sudah membayangkan bagaimana tulisan kita jadi sempurna, ngak boleh ada kesalahan. Setiap baru meulis beberapa paragraf biasanya tulisan akan terhenti, takut ada yang salah, bingung apa yang akan ditulis. Sebaiknya tuliskan saja apa yang ada didalam otak dan pikiran, jangan takut melakukan kesalahan. Tuliskan saja, nanti setelah tulisan jadi baru dibaca ulang, jika ada kata atau kalimat yang tidak cocok, baru diperbaiki.
Selamat mencoba menulis...
Semoga Bermanfaat....

Baca juga:
Memasang file SWF atau iklan di Blog

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)