Memperbaiki Remote TV yang Macet

Saat menonton TV terkadang kita dibuat kesal, disaat kita ingin mengganti chanel TV remot tidak berfungsi pada beberapa tombol. Menganti baterai remote dengan yang baru tidak menyelesaikan masalah, remote masih tidak bisa berfungsi pada tombol tertentu. Kebanyakan kita berpikir remot sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki. Namun sebenranya ada cara yang bisa dicoba, berukut tipsnya:

Bila menganti batrai tidak menjadi solusi berarti masalahnya bukan disebabkan batrai yang mau habis. Kemungkinan yang terjadi adalah terdapat kotoran yang menutupi dibawah permukaan tombol remote, kemungkinan lainnya 'konduktor' tombol pada remote sudah mulai menipis atau malah telah habis terkikis.

Baca juga:
Buka remote TV, bersihkan menggunakan Tissue dan minyak

Untuk itu kita harus mengecek dengan membuka remote secara perlahan. Kita cek dahul apakah remote memiliki baut yang harus dibuka terlebih dahulu. Namun pada umumnya remote TV menggunakan klem-kleman yang tidak menggunakan baut. Alat bantu yang bisa digunakan, bisa obeng runcing atau pisau.

Setelah berhasil dibuka, kita mencoba membersihkan papan remot dengan menggunakan tisue, menggunakan minyak kelapa bisa digunakan untuk membantu membersihkan permukaan papan remote yang terlihat kotor. Namun setelah menggunakan minyak papan remote dibersihkan dengan tisue kering dan baru, hingga permukaan papan bersih tak ada minyak yang tersisa. Kita bisa mencoba remote setelah dibersihkan apakah bisa berfungsi kembali. Jika pada beberapa tombol masih belum bisa berarti 'konduktor' tombol sudah terkisis habis.
Menempelkan stiker tambal panci pada karet bagian bawah tombol remote

Untuk mengetahui apakah tombol tertentu pada remote rusak atau tidak kita bisa mencobanya dengan memasangkan batrai pada remote, dalam kondisi remote telah dibuka. Cukup menekan langsung pada permukaan remote dengan jari kita, jika ternyata tombol tersebut berfungsi berarti kondisi tombol tersebut masih baik. Hanya karet tombol remote tersebut telah terkikis konduktornya. Konduktor karet remote bisa kita lihat dibawah tombol remote yang berwarna hitam. Untuk mengatasi ini kita bisa mengatasinya dengan menempelkan setiker untuk menambal panci dibawah permukaan tombol karet tersebut. Tinggal kita potong kecil dan letakkan dibawah tombol karet yang telah menghilang konduktornya. Selamat remote TV Anda telah kembali berfungsi seperti baru lagi.

Selamat menoba...
Semoga bermanfaat...

Artikel lainnya:
Gerbang X-OR (Exclusive OR)
Gerbang X-NOR (Exclusive NOR)

Comments

  1. wew, pas juga remote tv ku rusak :D coba ah

    ReplyDelete
  2. cocok nih, berhubung remot di rumah rusak... perlu nyoba tips agan...

    ReplyDelete
  3. Remot bekas yang rusak jadi bisa dipake lagi . thanks gan wk

    ReplyDelete
  4. Coba dlu ah,kebetulan remote ane suka begitu

    ReplyDelete
  5. Ijin coba ya mas siapa tau bener remot tv ane

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)