Karbohidrat adalah....

Karbohidrat berasal dari kata carbihydrate yang berarti karbon ditambah dengan air. TTumbuhan menggunakan sinar matahari untuk mengubah air (H2oO dan karbon dioksida (CO2) menjadi karbohidrat (Cx(H2O)y) dan oksigen (O2), proses ini kita kenal sebagai fotosintesis.

Evaluasi dan perbaikan kualitas Kerja
Budidaya Ulat Hongkong Bagian-2

Lalu, apa fungsi kabohidrat? Ketika tubuh kita memerlukan energi, pertama-tama yang icari aalah karbohidrat. Jika arbohidrat jumlahnya tidak cukup, tubuh kita akan mencari dari sumber yang lain, protein misalnya. Syangnya, protein bukanlah sumber energi yang efisien untuk tubuh. Selain itu, karbohidrat juga menjaga otot-otot dan membantu dalam darah sehingga seluruh sel mendapatkan energi sesuai yang dibutuhkannya.

Sumber Gambar: azurama.wordpress.com

Ada dua macam karbohidrat, yaitu sederhana dan kompleks. Keduanya terbuar dari gula. Bedanya terletak pada berapa jumlah gula yang bersatu dan bagaimana gula-gula itu saling tekait. Karbohidrat sederhana hanya memberi kita energi, tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya. Yang termasuk jenis ini adalah manisan, permen, dan soda. Karbohidrat jenis ini memberi kita energi secara insran. Karbohidrat kompleks melepas energi secara perlahan-lahan dan sering disertai serat. Karbohidrat jenis ini lebih sehat. Makanan yang termasuk dalam kategori ini antara lain roti, pasta, nasi, kentang, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat umumnya mempunyai porsi 45-60% dari total makanan yang kita makan. Para ahli menyarankan agar tiap orang dewasa memakan paling tidak 120-125 gram karbohidrat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan dasar. Tentu in juga tergantung lokasi dan jenis aktivitas. Jika konsumsi karbohidrat kita berlebih dan aktivitas fisik kita sedikit, kelebihan karbohidrat akan diubah menjadi lemak. Kelebihan lemak akan memicu kelebihan berat badan dan risiko kesehatan lainnya. Penulis buku ini menyarankan agar pemba berhati-hati terhadap makanan berlabel low fat, karena biasanya tidak low carb. Sebagai contoh, permen memang low fat (rendah lemak) tetapi high carb (tinggi karbohidrat) sehingga badan Anda cepat naik

Tulisan ini merupakan kutipan dari buku Sehat itu Pilihan yang ditulis oleh Yohanes Sunardi. Penerbit ANDI.
Sumber gambar: garisbuku.com

Membuat Animasi 3D Sederhana (Flash CS5)

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)