Sunday, November 29, 2015

Sesuatu yang Berharga

Sesuatu bagi kebanyakakn orang menganggap beharga atau tidak nya seseuatu tergantung harga dalam bentuk materialnya, biasanya uang, emas, permata dll. Tapi bener ngak seperti itu? Apakah sesuatu dikatakan berharga hanya jika memiliki harga yang mahal? Tergantung dari  pola pikir seseorang.

Artikel lain:
Ada banyak contoh yang mungkin saja pernah kita alami, seberapa berharganya sesuatu tersebut. Sebenarnya hal yang berhrga itu tidak hanya dalam bentuk wujud benda atau materi. Oleh karena itu judulnya menggunkan kata "sesuatu".  Kita berasa tidak memiliki sesuatu yang berharga terkadang karena kita sering lupa, kurang bersukur, padahal kita selalu dikelilingi seseuatu yang berharga. Mungkin karena kita selalu dikelilingi oleh hal" berharga tersebut setiap hari, yakin dan merasa selalu memilikinya, jadi kita tidak menyadarinya. Namun jika sesuatu hal itu hilang barulah kita merasa hal itu berharga. Contoh: HP yang mungkin menurut kita sudah ngk keren ngak dipake lagi, tapi saat HP tersebut hilang barulah kita merasa HP itu begitu berharga, mungkin karena masih ada nomor kontak teman lama yang belum disimpan. Atau contoh lainnya, saat kita sakit tenggorokan dan suara tidak bisa keluar sebagaimana mestinya, baru lah kita merasa suara yang kita anggap biasa saja berubah menjadi bergitu berarti , dst

Kebanyakan dari kita merasakan sesuatu itu berharga bila hal itu telah tiada, telah menghilang dari sekitar kita. Hal yang penting terkadang terlewat oleh kita karena kita merasa hal itu tidak penting atau tidak berharga. Orang tua, mungkin kita saat ini bukanlah anak yang baik baginya, kurang berbakti atau bahkan pembangkang, mengacuhkan mereka, berani membentak mereka. Namun saat mereka telah tiada barulah kita merasa amat sangat menyesal, amat merasa berdosa. Yah, itu karena kita tidak menganggap orang tua kita sebagai seseuatu yang berharga, namun sebaliknya. Oleh karenanya kita harus berusaha menghargai sesuatu yang ada disekitar kita, jangan menunggu sesuatu itu hilang dari kita. Berusaha untuk menghargai hal-hal kecil disekeliling kita, agar kita bisa menghargai hal-hal besar lainnya.

Beberapa tips agar kita selalu menghargai sesuatu sebagaimestinya:
* Mensyukuri segala sesuatu yang ada disekitar kita
* Mulai dari hal yang kecil-kecil
* Belajar apa bila ternyata memang kita lupa menghargai sesuatu, seandainya sudah kejadian dikesempatan lain jangan sampai terulang lagi.
* Berbagi bisa menjadi sarana untuk mempertajam insting kita untuk menghargai sesutu.
*Menginggat segala sesuatu ada kalanya untuk mengalami kerusakan, hilang, perpisahan dll. Jadi berusaha mengoptimalkan apa yang dimiliki, sebelum hal tersebut terjadi.
* Berusaha melihat "kebawah" untuk masalah materi, dan berusaha melihat "keatas" untuk melakukan kebaikan. Untuk masalah materi kita harus berusaha melihat yang lebih memiliki kekurangan dari kita, tujuannya agar kita tidak lupa diri, tidak sombong, dan benar-benar menghargai apa yang telah kita miliki (bersyukur). Nah untuk masalah melakukan kebaikan kita harus ngak mau kalah, agar kita selalu terpacu dan mengoptialkan apa yang dimiliki untuk bisa berguna bagi banyak orang.

Semoga kita bisa benar-benar menghargai segala sesuatu yang ada disekitar kita, tidak menunggu sesuatu itu hilang terlebih dahulu.

 Semoga bermanfaat....

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru