Thursday, December 10, 2015

Usia Hard disk

Menurut perusahaan pembuat hatd disk, diperkirakan hard disk mempunyai usia antara 25000 sampai 200000 jam pemakaian sebelum rusak. Namun demikian ada beberapa faktor yang dapat memperpendek usia hard disk diantaranya adalah:

Artikel lain:
Game Online bisa di 'Offline-kan'
Memasang file SWF atau iklan di Blog

  1. Panas yang berlebihan. Foktor suhu sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup hard disk jika panasnya berlebih maka data pada hard disk kacau. Dan jika hal ini berkelanjutan maka akan memperpendek usia hard disk, oleh karena itu jangan menutup lubang sirkulasi udara yang terletak pada baguan belakang kotak CPU, karena sirkulasi udara inilah yang betugas mendinginkan komputer.
  2. Guncangan. Yang dimaksud dengan kerusakan yang disebabkan oleh terjadinya guncangan keras misalnya CPU jatuh atau terpukul benda keras, sehingga akan menyebabkan berguncangnya kedudukan hard disk, hal ini dapat menyebabkan kerusakan hard disk secara fisik ataupun dapat menyebabkan data menjadi kacau, mengapa hal ini dapat terjadi? Karena pada saat bekerja head hard disk mengambang lebih kurang beberapa perseribu dia atas permukaan piringan, Suatu guncangan atau benturan akan menyebabkan penyentuhan kepala bagian magnetis disk.
  3. Kerusakan Komponen. Faktor ini amatlah tergantung pada umum dan hardware perangkat keras komputer yang kita gunakan. Kerusakan komponen dapat teradi karena pemakaian yang terus menerus sehingga meyebabkan panas yang berlebih.
  4. Parkir. Sebagi pengguna komputer kita dapat memegang andil dalam perusakan hard disk, ini terjadi apabila kita memakainya secara serampangan. Contoh yang paling mudah adalah, pada saat kita memakai hard disk kita tidak melakuan prosedur parkir sebelum mematikan komputer. Jika ini tidak dilakukan maka pada saat komputer dimatikan posisi head dapat berada disembarang posisi, jika posisi tersebut berada dimana data disimpan dan head menyentuh permukaan disk, maka data akan rusak. Karena rusaknya permukaan disk tersebut, yang lebih berbaaya jika kita melakukan parkir dan kebetulan posisi head berada pada bagian rawan disk.
Sumber: Komputer & TroubleShooting. Ditulis: Ramdani Nazaruddin. Penerbit Informatika. Halaman 154-155

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru