Berapa lama waktu ideal untuk memulihkan diri dari penderitaan putus cinta?

Tulisan ini dikutip dari: Buku Beranda Cinta. Ditulis Oleh: Nancy D. McGregor. Penerbit: Prestasi Pustaka. 2008.

Kami telah bersama selama enam bulan dan baru-baru ini kami sapekat untuk mengakhiri hubungan ini. Meskipun saya merasa ini merupakan solusi terbaik, saya masih merindukannya dan tidak berhenti menagisi perpisahan ini. Apakah ini berarti saya telah berbuat kesalahan? Hampir lima minggu saya menderita. Berapa lama yang saya perlukan untuk melupaknya?

Artikel lai:
Siapa saja yang pernah ptus cinta dengan orang yang mereka cintai, dan mungkin masih mencintainya dengan perasaan sepenuh hati, pastu dapat merasakan bagaimana perasaan Anda saat ini. Salah satu hal paling sulit dalam  perpisahan adalah mengatasi lapis pertama kesedihan dan kehilangan tanpa meragukan keputusan Anda ketika melepaskannya. Jangan  salah mengarikan penderitaan yang Anda rasakan ketika mengakhiti hubungan Anda. Itu bagian yang alami dalam proses penyembuhan.
Sumber Gambar: www.tabloidbintang.com

Saya mendapati bahwa putus cinta melubatkan empat tahap penyembuhan yang tidak terelakkan. Secara keseluruhan, taha-tahap ini memerlukan waktu kita-kita satu sampai dua tahun untuk menyelesaikannya, meskipun, tantu saja, rentang waktu ini akan lebih singkat dalam hubungan yang berlangsung belum terlalu lama. Dalam kasus Anda, Anda telah menjalun hubungan enam tahun dengan pasangan Anda sehingga Anda mungkin hanua memerlukan waktu sebentar untuk sembuh secara total. Dibawah ini, penjelasan singkat tentang keempat tahap tersebut.

TAHAP PERTAMA: Perasaan tercabik- cabik.
DURASI Dua minggu sampai dua bulan

Bila Anda mencintai seseorang, dalam diri Anda pasti timbul harapan-harapan, mpian-impian, semangat, energi-energi ikatan batin dengan orang tersebut. Bila Anda putus cinta, Anda akan mengalami satu proses yang saya sebut Perasaan Tercabik-cabik, karena memang begitulah rasanya, Bukan?... seperti bagian diri Anda sedang dicabik-cabik, terasa luntuh-lantah. Meskipun Anda ingin ia hilang dari kehifupan Anda, Anda tetap harus mejalani tahap ini, dan semakin lama Anda menjalin hubungan bersama, semakin lama tahap Perasaan Tercabik-cabik ini akan berakhir.

Dalam tahap ini, Anda mungkin akan menangis sepanjang hari, merasa kehilangan, tidak berdaya, kesepian, hilang selera makan dan bahkan merasa sakit di dada Anda yang tak kunjung reda. Anda mungkin akan merasa diselimuti ingatan yang menyakitkan dan merasa sulit melalui perasaan-perasaan ini dari hari ke hari. Selama tahap Perasaan Tercabik-cabik, adalah wajar mencemaskan bahwa Anda tidak akan berbahagia lagi, merasa kasihan pada diri sendiri, dan tentu saja, tergoda untuk kembali ke mantan pasangan Anda.

Tahap perasaan tercabik-cabik merupakan tahap paling sulit dalam putus cinta. Tahap ini rasanya tidak akan berakhir. Tapi ini tidak betul, ia pasti berakhir. Anda bisa mempercepat proses itu dengan melakukan hal-hal berikut:
  1. Biarkan diri Anda menagis dan merana sepuas mungkin. Semakin lama Anda ingin memendamnya, semakin lama pula akan berakhir.
  2. Sibukkan diri Anda dan luangkan waktu bersama teman-teman dan keluarga. Buatlah jadwal kegiatanAnda terlebih dahulu sehingga Anda tidak akan kesepian, duduk seorang diri dan merasa kasihan. Namun, jangan lua. luangkan waktu secukupny untuk melakukan latihan emosional sehingga Anda tidak akan membawa kebiasaan-kebiasaan cinta yang sama dalm hubungan Anda selanjutnya.
  3. Jagalah dengan sungguh-sungguh kesehatan tubuh Anda. Semakin bugar tubuh Anda, secara psikologis semakin stabil Anda jadinya. Ini berarti menghindari godaan-godaan untk menjerumuskan diri Anda ke dalam obat-obatan minuman keras, konsumsi gula secara berlebihan. Cara-cara ini hany menambah sensitivitas dan depresi Anda.
  4. Hindari menemui atau berbicara dengan mantan pasangan Anda. Tidak peduli betapa besarnya godaan Anda untuk menghubungi, menelpon mantan pasangan Anda merasa kesepian, jangan penah lakukan! Semakin seringa Anda berhubungan [bertemu, berbicara] semakin lama tahap pemulihan Anda akan berlangsung.
KEDUA : Tahap Penyesuaian.
DURASI : Dua sampai enam bulan.

Anda akan menyadari bahwa Anda meninjak tahap kedua bila Anda benar- benar mulai merasa lebih baik selama beberapa hari sekaligus! Tahap perasaan tercabik-cabik yang paling menyakitkan sudah berakhir. Sekaranglah, saatnya untuk menyesuaikan hidup Anda yang baru tanpa pasangan Anda. Anda mulai membantuk kembali keprobadian dan idntitas Anda sebagai pribadi yang mandiri, mulai menjalin hubungan dengan orang lain, menormalkan kehidupan Anda kembali dan dengan rasa optimis menatap masa depan.

Selama Tahap Penyesuaian, Anda akan mampu berbicara atau berpikir tentang pasangan Anda tanpa harus merasa tercabik-cabik atau menjadi marah. Anda tidak lagi merasa menjadi korban, dan Anda tidak akan lagi sering-sering menangis atau merasa sedih-mungkin satu atau dua kali seminggu, bukannya menagis setiap hari! Anda mulai akan bisa bersenang-senang lagi dan bahkan mulai memperhatikan orang lain yang menarik hati Anda yang ingin Anda temui. Anda juga akan memiliki perspektif yang jauh lebih jelas tentang apa yang salah dalam hubungan Anda, yang memberikan Anda setitik harapan tentang masa depan.

TAHAP KETIGA : Penyembuhan
DURASI : Enam bulan sampai satu tahun.

Tahap ketiga memperlihatkan kehidupan Anda menjadi normal kembali. Anda tidak lagi merasa seakan-akan Anda merasa dalam masa transisi. Anda mungki terlibat dalam suatu hubungan baru atau tertarik untuk memulai yang baru. Anda telah banyak menyelesaikan masalah-masalah Anda dengan mantan pasangan Anda atau sedang diselesaikan untuk berjaga-jga kalau bercarai. Anda sedang menyembuhkan luka-luka Anda dan menjadi normal kembali. Anda berhasil melaluinya!
Sumber Gambar: ryroch.blogspot.com

Dalam tahap ini, Anda bisa berbicara dengan dan tentang mantan pasangan Anda tanpa harus merasa kecewa dan bahkan merasa ositif tentang hikmah apa yang telah terjadi. Anda merasa dan kelihatan lebih baik dibandingkan Anda sebelumnya dan memiliki rasa antusisme terhadap masa depan. Kesedihan atau nostalgia Anda atas mantan pasangan Anda mungkin akan muncul sekali seminggu atau lebih, tapi aan berlalu dengan cepat.

TAHAP KEEMPAT: Pemulihan.
DURASI L: satu sampai dua tahun.

Tahap empat ini merupakan tahap teransisi dimana Anda telah berhasil seratus persen membersihkan pendertaan Anda dari hibungan Anda yang telah berakir itu dan dengan mentap telah menetap kehidupan Anda yang baru. Anda tidak lagi merasa diri Anda baru saja mengalami putus hubungan. Sekarang, Anda memiliki lingkungan sosial baru di sekitar Anda- temen-teman baru, minat-minat cinta baru, arah-arah kehidupan baru.

Dalam tahap ini, Anda semoga tidak memiliki kebiasaan-kebiasaan dan cara-cara baru dalam bersikap sebagai hikmah kesalahan yang telah Anda buat dalam hibungan sebelumnya dan kini Anda telah siap mencintai dan dicintai lagi. Orang-orang yang tidak lagi menanyakan dan berhubungan dengan Anda dalam suasana yang penuh simpatik. Kehidupan Anda yang baru telah mulai. Nikmatilah!

Anda bisa saja mengalami keempat tahap ini selama satu samapa empat tahun. Ini semua tergantung pada bagaimana Anda akan menghadapi dan merelakan masa sialam berlalu, mengobati perasaan-perasaan Anda dengan tujuan unagin menyembuhkannya, dan mengambil hikmah dan pengalaman Anda. Jalanilah kehidupan Anda sehari demi sehari, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan telah jatuh cinta lagi.

Sumber: Buku Beranda Cinta. Ditulis Oleh: Nancy D. McGregor. Penerbit: Prestasi Pustaka. 2008. Halaman 286-290.

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)