Waktu Luang

Waktu luang sering sekali membuat kita lengah, kita merasa memmiliki kelapangan waktu, sering kita gunakan hanya untuk melakukan hal-hal yang bersifat hiburan atau hal-hal yang terkadang tidak penting. Biasanya biasa digunakan untuk bermain game, ngobrol, nongkrong, liat status teman di FB, dll. Sebenarnya hal itu boleh saja, tapi jangan sampai kelewatan dan menjadi lengah. Alangkah baiknya untuk digunakan melakukan hal positif, digunakan untuk pengembangan diri, menambah kemampuan baru. Langkah awal agar kita bisa benar-benar memanfaatkan waktu luang adalah dengan membangkitkan kesadaran bahwa waktu yang kita miliki begitu berharga, tak bisa diulang, dan akan dimintai pertanggung jawabannya. Dengan kesadaran itu kita akan lebih bisa menghargai waktu, dan berusaha atau belajar untuk selektif dalam penggunaan waktu.

Artikel lain:

Sumber Gambar: arryrahmawan.net

Memang terkadang sulit, sering sekali mengalami kegagalan dalam menggunakan waktu luang ini. Terkadang tak terasa tiba-tiba waktu terasa beitu cepat beralalu, padahal tugas dan tuntutan masih banyak. Diperlukan perencanaan yang harus dibiasakan. Berusaha dan belajar untuk membuat skala prioritas, dan tidak lupa berkomitmen untuk menjalankan apa yang telah direncanakan tersebut. Tapi, terkadang kita harus belajar untuk bersikaf flexsibel, bisa menyesuakikan diri terhadap keadaan yang tidak terduga, dan tidak sesuai harapan yang kita bayangkan. Namanya proses pembelajaran untuk memanfaatkan waktu luang agar lebih positif ini pastinya mengalami proses jatuh bangu juga...

Ada banyak aktifitas positif yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, beberapa diantaranya:
- Membaca buku. Buku yang dibaca tentunya buku yang bermuatan positif, bisa pelajaran sekolah atau kuliah, buku motivasi, pengembangan diri, novel inspratif, dst. Intinya pikiran kita diarahkan untuk memikirkan hal positif.
- Silaturahmi. Emang sih kalau kita silaturahmi biasanya hal yang sering kita lakukan ngobrol juga sih, tapi disini kita harus menjaga juga topik pembicaraannya biar yang diomongn hal yang positif-positif aja ya. Jangan ngomongin orang dibelakang atau buat gosip yang bisa jadi fitnah. Bukannya positif ntar jadi negatif.
- Olahraga. Dengan olahraga, selain fisik kita yang segar buga, pikiran dan mental kita terasa menjadi lebih kuat juga. Darah jadi lebih mengalir keseluruh tubuh, racun-racun dalam tubuh lebih mudah keluarnya.
- Beribadah. Timbang melakukan hal yang gak jelas, sangat bermanfaat bila kita isi waktu luang kita untuk mempersiapkan bekal di akhirat kelak. Jiwa raga jadi lebih sehat.
- Dan hal-hal positif lainnya yang memungkinkn untuk dilakukan.

Pada intinya waktu luang jangan disia-siakan. Kita harus selalu berusaha mengingat ada waktu luang berarti ada waktu dimana kita sibuk, ada kalanya kita sehat namun jangan lupa saat kita akan sakit kelak, bila saat ini kita masih muda jangan lupa besok akan menua jadi kakek" atau nenek", yang kaya bisa jadi miskin, dan mumpung masih hidup kita harus manfaatkan waktu untuk melakukan hal positif dan bermanfaat sebelum kematian datang menjemput menghentikan waktu yang kita miliki. Kita sebagai manusia akan selalu terikat oleh yang namanya waktu, dan setiap orang telah ditentukan batasan waktu yang dimiliki.

Semoga Bermanfaat...

Baca juga:

Comments

  1. Kalo nongkrong termasuk mengisi waktu luang positif gak?

    ReplyDelete
  2. Tergantung gan, kalau nongkrongnya positif, kyak diskusi yang bermanfaat n ngk sia-sia, ya positif gan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)