Friday, February 19, 2016

Memahami Sistem-Sistem Pembuangan dalam Tubuh

Sumber: Buku The Complete Book of Food Combining. Ditulis oleh: Kathryn Marsden. Penerbit Qanita. Halaman 279-285

Sesi pembersihan besar-besaran secara teratur dirancang untuk membantu sistem pembuangan utama dalam tubuh, yaitu: kulit, paru-paru, sistem limfatik, gijal, hati, dan perut. Semua wilayah tubuh tersebut adalah pekerja keras dalam kish detoksifikasi, membuang limbah yng tertumpuk secara lewat keringat, tinja, gas dan air seni.

artikel lain:

Kulit

Kulit adalah organ tubuh yang paling luas, berkisar 1,5-2 meter persegi. Kulit dapat dicci, kedap air, dan mampu memulihkan diri sendiri, teteapi juga merupakan rute utama membuang limbah. Setiap hari, melalui ratusan ribu pori kulit, rata-rata manusia menyekresi 850 ml cairan; terutama, keringat dari kelenjar keringat yang membuat kita dingin dan sekresi "lilin", pengeluaran lemak dari kelenjar lemak, dari kelenjar sebesea, yang melumasi dan meindungi kulit.
Sumber Gambar: doktermeta.blog.inharmonyclinic.com

Tanda-tanda kulit yang tidak sehat:
Kulit terlalu berminyak, mengeras, bercak-bercak kemerahan, berselulit, kasar, bintik-bintik, dan berjerawat. Kulit berwarna putih bisa memperlihatkan bercak-bercak merah dan warna pucat keabu-abuan. Kulit gelap bisa tampak pudar dan berwarna keabu-abuan. Kulit yang sehat, apa pun warnanya, tampak bersinar.

Sistem Limfatik

Limfa (kelenjar getah bening) adalah pengumpul sampah tubuh; sebuah jaringan kapiler yang sangat rumit, mirip dengan pembuluh vena, yang membuang kelebihan cairan, sisa-sia sel, dan semua limbah yang tak diinginkan dari jaringan-jaringan tubuh,
Sumber Gambar: id.wikipedia.org

Beberapa tanda sistem limfatik yang buruk:
Pergelangan kaki bengkak, payudara menjdi lembek, bercak-bercak pada kulit, retan terhadap infeksi, mata bengkak, lingkaran hitam dibawah mata, lelah, lesu, dan berselulit.

Paru-paru

Bahwasanya pernafasan  yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan tidak perlu dipungkiri lagi. Akan tetapi, tidak semua orang dapat bernafas dengan baik. Salah satu alasannya adalah kita cendrung menganggap bernafas sebagai hal yang sepele. Kenyataannya, kita hanya berfikir tentang paru-paru saat kita kehabisan napas, atau saat kita terkena flu atau infeksi dada yang menyebabkan dada mengerut, sakit, bersin, atau batuk.
Sumber Gambar: penyakitparuparu.com

Beberapa tanda fungsi paru-paru yang buruk:
Lendir yang menumpuk, kram dada, perasaan lelah yang menyeluruh, beragam alergi, sakit kepala, sirkulasi buruk, dan perasaan dingin yang ekstrem.

Ginjal

Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring darah, mendaur ulang dan mnimpan semua zat baik yang ingin dipertahankan dan digunakan kembali oleh tubuh (seperti nutrisi, garam, air, dan glukosa), serta membuang produk-produk limbah untuk diekskresi oleh urine.
Sumber Gambar: bodyidaman.wordpress.com

Beberapa tanda fungsi ginjal yang buruk:
Air seni berbau tajam, berwarna gelap, keruh; buang air kencing kurang dari empat kali sehari; dan perasaan lelah yang terus-menerus. Tanda-tanda ini juga bisa berarti dehidrasi. Jadi, jika ini terjadi pada Anda, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda sudah cukup mengkonsumsi cairan.

Usus

Makanan diuraikan di dalam usus halus dan nutrisi serta cairan diserap disana ke dalam aliran darah. Zat padat yang tidak diserap (seperti serat tanaman) diteruskan ke usus besar. Racun-racun lain diserap oleh hati yang memprosesnya untuk dibuang. Sayangnya, makanan-makanan yang terlalu ditambah-tambahi, tidak mengandung serat, dan/ atau terlalu sedikit cairan, dapat menyebabkan konstipasi dan tinja mengeras sehingga racun-racun yang seharusnya diekskresi diserap kembali ke dalam tubuh.
Sumber Gambar: fungsi-usus.blogspot.com

Tanda-tanda usus yang buruk:
Perut kembung, gas pada usus, gangguan pencernaan, dan konstipasi

Hati

Sebagai sebuah organ yang kompleks, hati melakukan sejumlah besar tugas yang sangat mengagumkan. Salah satu tugas utamanya adalah menjaga aliran darah agar bebas dari semua hal yang bsa meracuni tubuh, misalnya residu pepstisida atau sisa-sisa obat-obatan. Oleh karena kerjanya sangat berat, hati bisa kewalahan dan lelah, serta tdak mampu melakukan tuganya. Menjaga agar hati tetap sehat karenanya merupakan sebuah kuni penting dalam menjaga tubuh sehat pula.
Sumber Gambar: muhamadilham1.wordpress.com

Beberapa tanda fungsi hati yang buruk:
Berbagai bentuk alergi bercak-bercak kering pda kulit, kolestrol tinggi, lesu, mual, masalah kulit, warna kulit yang buruk/kusam, flu yang berulang, lidah yang berselaput.

Catatan Penting:
Jika tinja berubah warna, atau jika bagia putih mata, kuku, atau lidah menjadi kekuningan, itu bisa menjadi pertanda adanya msalah serius hati yang harus segera ditangani oleh seorang dokter ahli.

Sumber: Buku The Complete Book of Food Combining. Ditulis oleh: Kathryn Marsden. Penerbit Qanita. Halaman 279-285

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru