Olahraga dan Suasana Hati

Sumber: Buku The Complete Book of Food Combining. Ditulis oleh: Kathryn Marsden. Penerbit Qanita. Halaman 121-123

Olahraga tidak hanya membuat fisik kita lebih bugar dan lebih sehat. Olahraga juga meningkatkan terbentuknya berbagai kimiawi otak yang membuat kita lebih tenang dan lebih gembira. Olahraga meningkatkan penghargaan diri dan menyelaraskan sudut pandang sehingga kita tidak hanya merasa lebih baik tentang diri kita sendiri, bahkan merasa lebih bai tentang sekeliling kita. Olahraga juga baik untuk otak karena alasan-alasan lain. Sejalan dengan bertambahnya usua dan berkurangnya aktivitas, sel-sel otak mati dan otak itu sendiri mengerut. Beberapa pakar menyatakan bahwa kegiatan yang teratur dpat membantu mengurangi degenerasi sel ini dengan memperbaiki aliran darah dan oksigen.

Artikel lain:

Sumber Gambar: www.lamoera.com

Jangan Lupa

Olahraga teratur seharusnya sama pentingnya bagi sebuah pola hidup sehat seperti juga makan yang sehat. Anggaplah keduanya sebagai dua sisi dari satu mata uang. Satu sisi tidak akan terlalu efektif tanpa ditunjang sisi lain.

Jika Anda berolahraga, atau olahraga dengan bersemngat, lari atau berolahraga secara teratur, berikut beberapa saran penting.
  • Pastikan Anda menerapkan diet yang bervariasi, mengkonsumsi makanan yang berasal dari tanaman yang berwarna jingg, kuning, ungu, biru, merah dan hijau-- benar-benar sebuah menu "pelangi" yang terdiri dari buah-buahan segar da banyak sayuran hijau dan umbi-umbian, yang kaya akan antioksidan vitamin A,C, dan E. Olahraga berat dapat menguras nutrisi tubuh tertentu, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi oportunistik. Catu daya nutrisi di dalam makanan segar tidak hanya membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dibutuhkan untuk memperbaiki otot ang terkilir dan tegang, untuk menyembuhkan luka-luka terbuka dan parut, serta untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultra-violet.
  • Minum suplemen antioksidan sekali satu hari untuk menambah asupan diet Anda.
  • Setela berolahraga, otot kita perlu diberi bahan bakar ulang. Aneka minuman untuk olahraga adalah cairan yang ideal karena menggantikan karbohidrat, air, dan beragam elktrolit (garam-garam mineral yang hilang karena banyak berkeringat), dan pasokan energi siap pakai. Akan tetapi, jangan bergantung pada minuman-minuman tersebut sebagai minuman biasa jika Anda tidak berolahraga.
  • Pada hari-hari ketika Anda berolahraga, upayakan minum sedikitnya 2 liter air ditambah cairan-cairan lain. Pada hari-hari biasa, 1-1,5 liter air sudah cukup memadai. Kegagalan mengganti cairan-cairan vital dapat menyebabkan kejang, kelelahan, dan terutama ketika hari sedang panas., heat-stroke dan heat-exhaustion. Ingat bahwa Anda bisa terkena dehidrasi tanpa merasa haus. Jadi, pastikan Anda banyak minum, baik selama musim dingin maupun musim panas.
  • Kenakan alas kaki yang kuat, tebal, tetapi lentur dengan bantalan yang baik.
  • Perempuan sebaiknya mengenakan sport-bra yang menopang payudara dan tidak longgar (tidak selalu berarti ketat).
  • Pilih pakainan yang longgar dan nyaman, berlapis supaya Anda dapat melepaskan lapis per lapis saat tubuh Anda mulali memanas.
  • Ganti langsung mantel atau jaket olahraga setelah selesai berolahraga untuk menghindari masuk angin atau kejang oto.
  • Jangan lupa meregangkan otot-otot secara lembut sebelum dan setelah berolahraga untuk mempertahankan mobilitas dan mengurangi risiko terluka.
Sumber: Buku The Complete Book of Food Combining. Ditulis oleh: Kathryn Marsden. Penerbit Qanita. Halaman 121-123 

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)