Mengenal Tipe Orang MBTI (Myers Briggs Type Indicator)



ENFJ
Sifat dasar dari karakter ini adalah Insigful Contributor, seseorang dengan karakter yang fokus dalam memberikan bantuan kepada orang di sekitarnya dengan motivasi, kemampuan intelektual dan spritual yang tingi. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berada di dalam lingkup spritual atau agama, kesenian dan praktisi atau guru.
Sumber Gambar: www.opp.com
ENTJ
Sifat dasar dari karakter ini adalah Insighful Expeditors, seseorang dengan karakter yang fokus dalam analisa, perencanaan strategism dan manajemen dalam suatu organisasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karekter ini berhubungan dengan manajemen dan leadership.

ENFP
Sifat dasar dari karakter ini adalah Compassionate Explorer, seseorang dengan karakter yang fokus dalam menggunakn kreatiitas dan komuniksi yang terbuka untuk menunjukkan kontribusinya dan memotivsi orang lain untuk maju bersama. Jenis pekerjaan yang cocok dengan kareakter ini berhubungan dengan konseling, kegiatan pengajaran, keagamaan, dan seni.

ENTP
Sifat dasar dari karakter ini adalah Logical Explorers, seseorang dengan karakter yang fokus dalam mengambil setiap tantangan yang ada di depan mata dan salah satu problem solve terbaik. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan ilmu pengetahuan, manajemen, teknologi dan kesenian.

Sumber gambar: bizpsycho.com
ESFJ
Sifat dsar dari karakter ini adalah Practikal Contributors, seseorang dengan karekter yang fokus menggunakan sisi personal mereka untuk memberikan jasa dan pelayanan terbaik kepada orang lain. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan ilmu pendidikan, dunia kesehatan, keagamaan.

ESFP
Sifat dasar dari karakter ini adalah Compassionate Responders, seseorang dengan karakter yang fokus menggunakan naluri atau nsting dan termasuk individu yang selalu antusias dalam membantu orang lain dengan langsung memberi contoh atau mempraktekkan kepada mereka. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karekter ini berhubungan dengan dunia kesehatan, kegiatan mengajarm dunia anak, penjualan dan pemasaran.

ESTJ
Sifat dasar dari karakter ini adalah Practical Expeditors, seseorang dengan karekter fokus dalam menggunakan logika dan fakta dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan manajemen, administrasi, dan perhukuman.

ESTP
Sifat dasar dari karekter ini adalah Logical Respenders, seseorang dengan karakter yang fokus dalam setiap pengambilan keputusan atau tindakan, termasuk sosok indivodu pekerja kerasa dan perfeksionis serta detail. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan merketing atau pemasaran, penjualan, bisnis, dan perhukuan.

INFJ
Sifat dasar dari karakter ini adalah Compassionate Visionaries, seseorang yang fokus dalam memberikan atau memfasilitasi orang lain dengan pengembangan inteketual secara emosional maupun spiritual. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubunga dengan keagamaan atau spiritual, konseling, kegiatan pengajaran, dan kesenian.

INFP
Sifat daasr dari karakter ini adalah Insightful Enhancers, seseorang yang fokus dalam menggunakan kreativitas untuk menunjang nilai-nilai pekerjaan mereka. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan lonseling, penulisan, dan kesenian.

INTJ
Sifat dasar dari karekter ini adalah Logical Visionaries, seseorang yng fokus dalam menggunakan Intelegensi kreativitas dan pengetahuan serta fakta untuk membuaat suatu konsep tau perecanaan, membuat analisa dan dalam mengerjakan setiap pekerkaannya. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan dunia ilmiah, teknik, teknologi dan komputer, perhukuman

INTP
Sifat dasar dari karekter ini adalah Insighful Analyxers, seseorang yang fokus dalam menerapkan analisa yang objektif dari setiap permasalahan dan situasi serta bisa diandalkan saat berada dalam lingkungan yang baru (cepat beradaptasi). Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan keilmuan, hal-hal ilmiah dan ilmu teknik.

ISFJ
Aifat dasar dari karakter ini adalah Compassionate Assimilators, seseorang yang fokus dalam memberikan bantua kepada otang lain secara profesional. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan pendidikan, perawat kesehatan, keagamaan atau spiritual.

ISFP
Sifat dasar dari karakter ini adalah Practical Enhancers, seseorang yang fokus dalam menggunakan kelmbutan dalam bekerja, perfeksionis dan detail, individu yang sika memberikan pelayanan terbaik. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karekter ini berhubungan dengan perawatan kesehatan, bisnis, dan perhukuman.

ISTJ
Sifat dasar dari karakter ini adalah Logical Assimilators, seseorang yang memiliki fokus dan detil tehadap segala sesuatu yang dikerhakan hingga selesai. Jenis pekerjaan yang cocok denga karakter ini berhubungan dengan manajemen, administrasi, perhukuman, dan akuntansi.

ISTP
Sifat dasar dari karakter ini adalah Pratical Anlyzers, seseorang yang fokus bekerja dengan fakta dan data untuk kemudian melakukan analisa. Jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini berhubungan dengan penjualan atauu perdagangan, pertanian, perhukuman, militer, bidang teknis.
Keterangan:
E = Extrovert
I = Introvert
S = Sensing
N = Intuition
T = Thinking
F = Feeling
J = Judging
P = Perceiving

Sumber: Dari buku PARAGON, Technology & Innovation, Way Basic Personality For Your Successful Work Days. Halaman 8-13.

Baca juga:
Kepribadian Extrovert - Introvert
Kepribadian Sensing-Intuition
Kepribadian Thinking - Feeling
Kepribadian Judging - Perceiving

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)