Thursday, December 3, 2015

Sistem Penerangan yang Pertama

Pada tahun 1879 sistem penerangan Edson yang menggunakan 53 bola lampu dperagakan dengan berhasil di Menle Park. Menjelang tahun 1882 sistem yang sudah lebih maju dipasang di Manhattan Hilir, dan memyediakan lestrik bagi daerah seluas tiga perempat kilometer persegi.

Namun segera diketahui bahwa sistem tersebut mengandung keterbatasan: arus listrik searah yang dihasilkan pada votase rendah yang aman ternyata tidak efektif bila melampaui jarah lebih dari tiga kilometer. Pada tahun 1885 George Wetinghouse dan William Stanley mengambarkan transformator arus bolak balik yang praktis untuk mengahantarkan listerik dengan voltase yang lebih tinggi secara murah ke tempat yang jauh jaraknya. Tetapi Edison berkeras kepala dan tidak mau menggubah sistemnya. Ia baru mengakui kekeliruannya 20 tahun kemudian, ketika ia berkata kepada anaknya Stanley " Katakan pada ayahmu bahwa saya keliru"

Artikel lain:

Gambat: Gedung Menlo Park. Pada pertama sistem penerangan Edison terjadi pada Malam Tahun Baru 1879. Tiga ribu penonton bersorak-sorai ketika lampu menyala. Sumber gambar: americanhistory.si.edu
Sumber Sebuah Sistem
Gambar: Generator rancangan Edison. Sumber gambar: www.edisontechcenter.org

Generator rancangan Edison seperti yang tampak di atas - dinamai " Mary Ann berpinggang pnjang" - memberi tenaga untuk sistem lampu pijar yang pertama. Sistem ini dijalankan oleh mesin uap dan mengubah 90 persen energi mekanisnya mejadi energi listrik. Tingkat efisiensinya setera dengan generator modern.

Sumber: Insinyur. Penerbit: Pustaka Ilmu Life. Halaman 48
Sumber gambar: staline1.rssing.com
Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru