Friday, February 12, 2016

Mengistal Laptop ASUS x401u

Mau ngeshare pengalaman saat mencoba menginstall ulang laptop ASUS yang bertipe x401u. Metode menginstal yang digunakan adalah menggunakan Flashdisk. Awalnya membuat windows 7 installer ke Flashdisk USB. Program yang biasa saya gunakan adalah WinToFlash bisa download DISINI. Tapi karena saya ngak bawa laptop, jadi copy program lain dari teman, program yang diberi namanya RUFUS, bisa download DISINI. Ternyata program RUFUS ini sangat kecil ukurannya hanya 800an kb (dibawah 1Mb), sangat berbeda jauh dengan WinToFlash yang besar filenya lebih dari 10Mb. Selain itu rufus, lebih mudah dalam penggunannya, jadi program RUFUS bisa dicoba klo mau memuat USB installer.

Artikel lain:

Sumber Gambar: tekno.kompas.com

Saat proses pembuatan bootable USB (USB Windows 7 Installer) selesai langsung dicoba. Ternyata saat masuk booting, flashdisk bisa terbaca dan tampil menu pilihan untuk Install Windows, tapi saat di klik atau pilih menu install setelah loading, akan muncul peringatan bahwa dibutuhkan Load Driver. Saya pikir awalnya karena ada sedikit kesalahan pembacaan flashdisk. Jadi dicoba berulangkali dan ternyata tetap tidak bisa, jadi ada perkiraan bahwa windows ato ISO windows yang digunakan ada kerusakan, jadi dibuat ulang lagi dengan file ISO yang sama. Setelah dicoba lagi masih tidak bisa. Mencoba membuat ulang dengan file ISO yang berbeda, ternyata masih juga  muncul peringatan untuk meminta Load Driver, yang menandakan file windows Installernya tidak terbaca.
Sumber Gambar: http://multyzones.blogspot.co.id/2014/07/install-windows-7-gagal-load-driver.html

Akhirnya cari refrensi di internet kenapa selalu muncul permintaan Load Driver saat akan menginstal windows 7, akhirnya dapet info baru di situs ini: http://multyzones.blogspot.co.id/2014/07/install-windows-7-gagal-load-driver.html. Disitus ini dipaparkan beberapa penyebab kenapa hal itu bisa terjadi:


  1. Yang pertama Pengaturan pada bios,silahkan anda cek pengaturn pada bios anda dengan cara menekan tombol F1, F2, F10, tombol Delete (del) atau tombol Escape   (ESC) atau dengan tombol kombinasi Fn + F2. silahkan disesuaikan dengan merk laptop atau netbook anda. setelah anda berhasil masuk kedalam menu bios kemudian anda Klik Menu booting pilih boot device priority seting sesuai dengan device yang akan anda gunakan untuk instalasi windows anda (dari dvd/Usb flasdisk).langkah berikutnya klik menu advance pada bios Ubah driver dari SATA ke AHCI. atau Matikan menu SATA alihkan ke AHCI,kemudian anda save dan restart laptop anda. kemudian silahkan anda coba untuk memulai installasi windows lagi.
  2. Yang kedua faktor penyebab gagalnya instalasi windows 7 bisa disebabkan oleh rusaknya file instalasi windows yang anda gunakan.solusinya buat cd instalasi yang baru.
  3. Yang ketiga kurangnya catu daya listrik yang diperlukan oleh device installasi (DVD room,usb flash disk,hardisk eksternal,dvd eksternal)solusinya pindahkan device satu persatu misalnya jika anda menggunakan dvd room internal anda bisa mencoba instalasi menggunakan flasdisk,atau jika anda menggunakan flashdisk dan ternyata masih keluar peringatan (Load Driver, A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing) pindahkan flashdisk ke port lainnya. 
  4. Yang keempat adalah kompabilitas port Usb dari laptop yang kita install, sekarang ini hampir rata rata laptop baru menggunakan slot usb 3.0 sementara flashdisk/usb eksternal yang kita gunakan biasanya hanya suport Usb 2.0 kebawah.solusi nya pindahkan port usb yang kita gunakan.
  5. yang kelima faktor penyebab gagalnya instalasi windows 7 dengan peringatan (Load Driver, A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing) adalah laptop keluaran terbaru,solusinya bacalah manual book dari laptop tersebut apakah laptop yang kita install itu diperuntukan untuk  windows 7 jika tidak langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari driver sata AHCI dari laptop tersebut.kemudian kemudian ekstrak file driver tersebut kedalam satu folder silahkan anda simpan folder tersebut dengan flasdisk yang lain. selanjutnya lakukan proses instalasi lagi dengan memasukan flashdisk yang berisi file driver yang sudah kita ekstrak tadi kedalam port usb yang masih kosong,untuk langkah langkah instalasinnya akan saya jelaskan dilain kesempatan
 
Nah dari point diatas ada kemungkinan point ke empat menjadi masalahnya, jadi saat proses intall kebetulan saya memasang Flashdish pada sisi kanan laptop, dan saat meminta Load Driver sy pindahkan FlashDIsk ke sisi kiri (yang dekat dengan colokan Charger), dan saya coba refresh (Rescan) untuk pembacaan flashdisk, ternyata tetap tidak mau. Muncul kecurigaan masalahnya dipoin ke 5 jadi saya browsing-browsing lagi mencari ada kemungkinan butuh driver tambahan, dan ketemu forum yang membahas hal ini. Situs tersebut yaitu:
Diforum ini ada yang mengeshare driver tambahan yang digunakan, driver tambahan tersebut bisa didownload di link ini: 
Setelah didownload kita ekstrak file tersebut dan satukan pada satu folder lalu copykan folder driver ini ke USB installer yang telah dibuat. Saya coba lagi, kebetulan saya memasang USB Istaller langsung ke sisi kiri (dekat Charger Laptop), saat booting dan masuk pilihan Install ternyata BERHASIL masuk dan proses install Windows berjalan dan akhirnya Windows 7 SUKSES terinstall.
Masalah selanjutnya tinggal menginstal program yang dibutuhkan dan Driver dari Hadware yang digunakan.Untuk Driver untuk yang memiliki CDnya (biasa didapat satu paket dalam kotak saat pembelian) proses penginstalan driver akan lebih mudah, namun yang belum punya terpaksa harus mencari lagi, untuk yang butuh driver ASUS x401u bisa download di situs ini: http://www.driverscape.com/manufacturers/asus/laptops-desktops/x401u/2234 . Disitus ini driver ASUS x401u udah amat lengkap, tinggal dipilih yang sesuai dan mudah proses penginstallannya. Walau ukuran file Drivernya bisa dikatakan cukup besar...
Selamat Mencoba...

2 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru