Masalah Menjadikan Sukses



“Banyak kegagalan hidup terjadi karena orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya kesuksesan ketika mereka menyerah.” (Thomas Edison)

Apa yang dimaksud dengan “kesuksesan”? Kenapa semua orang mencari kesuksesan dalam hidup? Kesuksesan sedap dipandang, tetapi sulit digapai. Banyak orang yang susah mengejarnya, tetapi kandas ditengah jalan. Mereka terlalu cepat untuk dapat sampai pada kata “sukses”. Mereka tidak menyadari adanya “kegagalan” atau “masalah” yang membayngi pada setiap langkah. Oleh karenanya, ketika “masalah” menghampiri, banyak dari mereka menjadi terpuruk. “Kesuksesan” akhirnya menjauh dari hidupnya.

Sumber Gambar: solusisupersukses.com
Pribahasa mengungkapkan, “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”. Bagi seorang pemenang, pribahasa ini relevan. Tetapi, bagi seorang “pecundang”, pribahasa ini tak ubahnya sebuah bualan, sebab baginya kegagalan atau masalah adalah akhir dari segalanya. Sekarang, mari kita menengok diri. Di manakah posisi kita? Sebagai pecundang atau pemenang? Biarkan hati kita yang menjawabnya.

Ketika kegagalan atau masalah menghampiri, jangan pernah Anda berkata, “ Ini semua takdir dari Allah SWT.” Masalah atau kegagalan adalah imbas dari perbuatan yang kita lakukan. Allah SWT hanya memberikan sesuatu yang telah kita kerjakan.

Ketika masalah datang, seharusnya Anda mengambil hikmahnya dan jangan sekali-kali menyalahkan Allah SWT. Sebb, mencari kambing hitam dari setiap permasalahan atau kegagalan yang Anda alami adalah pekerjaan yang sia-sia.
Mari kita menjadikan maalah atau kegagalan sebagai batu loncatan untuk menuju kesuksesan dengan cara belajar darinya. Ingat, orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Dan, orang yang masih terus belajar akan menjadi pemilik masa depan dan kesuksesan.


Sumber Gambar: analisadaily.com

Sumber: Buku Masalahmu, Sahabat Terbaikmu. Ditulis Oleh: Mukhamad Yusuf. Penerbit:  DivaPress. Dirangkum dari halaman 17-23.

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)