Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang dibawa oleh elektron yang bergerak. Kalau ada arus dalam rangkaian akan ada konversi energi listrik menjadi energi bentuk lain. Contoh, arus mengalir melaluifilamen lampu merubah energi listrik menjadi terang dan energi panas. Daya listrik didefinisikan sebagai ukuran (rate) pada saat enerfi listrik dikonversi. Misalnya, bola lampu 150 W merubah energi dua kali dengan ukuran bola lampu 75-W



ANDA DAPAT MENGINGAT bahwa watt (W) adalah ukuran dasar dari daya listrik. Kesimpulan rumus untuk daya pengukuran pada rangkaian DC dan AC adalah sebagai berikut:

Baca juga:
Rangkaian DC
P = V x I
P = V 2 / R
P = I 2  R

Rangkaian AC satu fase
P = V x I x PF

Rangkaian AC tiga fase
P = Vlin x Ilin x 1,73 x PF

dimana:
P   = Daya dala watt (W)
V  = Tegangan dalam volt (V)
I   = Arus dalam ampere (A)
R  = Tahanan dalam ohm
PF = Faktor daya

Untuk pemakaian industri kecil, watt adalah satuan yang terlalu kecil sehingga killowatt (kW) yaity 1000 W, digunakan sebagai satuan standart.

Untuk pemakaian industri besar, satuan killowatt adalah terlalu kecil untuk pengukuran, sehingga megawatt (MW) yaitu 1000 kW atau 1.000.000 W digunakan sebagai pengukuran.

Alat yang digunakan untuk mengukur daya adalah Wattmeter. Wattmeter memperhitungkan semua faktor - arus, tegangan dan faktor daya pada waktu yang sama dan menunjukkan daya yang sungguh-sungguh terpakai. Wattmeter ada yang berupa konfigurasi analog atau digital.

Tulisan ini dikutip dari buku Elektronik Industri. Penulis: Frank D. Petruzella. Penerbit ANDI. Halaman 124-126.

Mungkin anda tertarik pada:

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)