Semangat Pagi

Pagi hari seharusnya menjadi saat-saat kita merasa paling berenergi, bersemangat atau segar bugar. Tapi terkadang malah bangun tidur kita merasa pegal-pegal, ngak nyaman nih badan atau masih merasa mengantuk. Nah kalau begini kemungkinan ada yang salah dalam proses tidur saat malam atau mungkin tidurnya terlalu larut malam, atau mungkin saat tidur malam merasa tidak nyenyak akibat pikiran yang masih berjalan (kepikiran suatu masalah).

Artikel lain:
Kalau ternyata saat bangun pagi ternyata badan masih terasa ngak fit atau masih terasa mengantuk ada beberapa hal yang bisa kita lakukan diantaranya:
* Melakukan aktifitas fisik ringan. Bisa berupa berjalan-jalan santai dari satu ruangan ke ruangan lain dalam rumah, atau jalan santai di lingkungan kompleks.
* Minum minuman hangat dapat membantu. Minuman hangatnya bisa berupa susu, teh atau kopi. Tinggal dipilih mana yang paling digemari.
* Menonton TV yang bikin kita lebih segar bisa jadi pilihan. Kalau pagi biasanya siaran TV berisi berita pagi, atau ceramah-ceramah rohani.
* Mandi dipagi hari dapat memberi suntukan semangat yang sangat membantu. Mandi pagi hari dikatakan dapat membantu pembakaran gula darah yang dapat memberikan energi untuk melakukan aktivitas.
* Latihan aktivitas yang membuat otak lebih segar. Bisa dengan main game di HP, internetan, dll.
* Kalau terpaksa, karena terasa sangat mengantuk dan sangat lelah, diusahakan untuk menahan diri untuk tidak tidur disaat masih pagi atau subuh. Tunggu hingga terasa sudah agak lebih terang atau saat matahari sudah muncul. Soalnya kalau tidur dipagi hari biasanya bangun-bangun kepala rada pusing, pegal-pegal dan tidak bersemangat. Bukannya membuat badan menjadi segar, malah akan memperburuk kondisi tubuh.

Semangat pagi dapat diperoleh apabila proses tidur malam kita berkualitas. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur malam kita, diantaranya:
* Jangan membawa masalah, problematika, kerumitan berpikir saat menjelang tidur. Lupakan atau kosongkan pikiran sebelum tidur, hilangkan ketegangan dalam pikiran, titipkan semua beban kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Pasrah... hal ini sangat membantu meningkatkan kualitas tidur kita.
* Releksasi sebelum tidur. Tiap orang memiliki cara tersendiri untuk mereleksasikan dirinya, bisa dengan mendengarkan musik, menonton TV, main game, membaca buku, menulis, dll. Tinggal kita memilih yang mana paling sesaui dengan diri kita. Intinya menghilangkan ketegangan dalam pikiran atau fisik kita.
* Tidak makan berlebih menjelang tidur. Jika kita makan berat sebelum tidur hal ini dapat menurunkan kualitas tidur kita. Kenapa? Organ pencernaan bekerja dengan lebih keras karena banyak makanan yang diproses saat tidur. Beri waktu organ pencernaan untuk mencerna, jadi baiknya makan 2 jam sebelum tidur.
* Tidak meminum minuman beralkohol atau berkafein menjelang tidur. Hal ini sudah jelas, jika kafein biasa membuat kita lebih terjaga, alkohol membuat pikiran jadi kacau, jadi kedua hal ini harus dihindari sebelum tidur.
* Tidak melakukan olahraga berat menjelang tidur. Biasanya jika kita berolahraga berat sebelum tidur, kita membutuhkan waktu untuk mereleksasikan tubuh lebih lama, merasa lebih terjaga atau terasa segar dan tidak mengantuk. Olahraga sebenarnya dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas tidur, hanya sebaiknya olahraga yang dilakukan 2 jam sebelum tidur.
* Miliki jam tidur malam yang tetap. Kita usahakan memiliki jam tidur yang tetap, ngak berubah-rubah. Hal ini membantu jam biologis kita untuk merekam dan terbiasa dengan waktu tidur yang kita buat. Jadi jangan sampai begadang dan tidur terlalu larut malam karena keasikan main game. Dengan teraturnya jadwal waktu tidur dan bangun tubuh akan terbiasa dengat ritme yang sudah dibuat, dan semangat di waktu pagi akan diproleh.
Sumber Gambar: hobikoleksi.com

Semangat Pagi...
Semoga bermanfaat....

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)