Tuesday, December 15, 2015

Setia Kawan

"Seorang raja yang sangat suka madu mahal, ingin menguji sejauh mana kecintaan rakyatnya kepada baginda. Dia mengumumkan, 'Barangsiapa yang setia kepada baginda harus menuangkan secawan madu asli ke dalam tong itu. Seorang rakyatnya berpikir bahwa jika setiap orang menuangkan madu, dia boleh menuangkan secngkir air sebagai gantinya. Secawan air tidak akan disadari dalam tong itu yang berisi madu. Saat raja membuka tong itu, baginda mendapati tong berisi penuh air. Itu menunjukkan bahwa setiap rakyatnya memiliki pendapat yang sama (untuk menunjukkan kesetiaan yang diisi dengan kepura-puraan alias pura-pura setia)."

Kisah di atas adalah contoh tentang rakyat yang pura-pura setia kepada rajanya. Itu bisa kamu ibaratkan fengan tean kamu yang pura-pura setia kepada kamu. Nggak sedikit juga teman-teman kamu yang pura-pura setia. Seperti rakyat kepada raja dalam kisah di atas, mungkin saja teman kamu memperlihatkan wajah manis padahal di dalam hatinya ada pikiran culas. Nah, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dikatakan kalau kamu mempunyai rasa setia.

Artikel lain:
Integrity (Integritas)

Kamu setia: Menjaga Rahasia Teman Kamu.
Kalau teman kamu udah merasa aman menceritakan rahasiannya kepada kamu berati udah menjadi orang kepercayaannya. Jadi, jangan sia-siakan kepercayaannya itu. Tega deh kalau kamu "ember", menceritakan rahasia teman, padahal dia merasa kamulah teman satu-satunya yang dapat dia percaya. Kalau kamu "ember", berarti kamu telah menghilangkan tempat dia curhat. Ingat, salah satu ciri orang munafik adalah kalau dia dipercaya, dia ngak bisa emegang kepercayan itu.

Kamu setia: Tidak Ngomongin Teman Kamu
Pernah merasakan daging mentah?Ih... Yang doyan memakan daging mentah itu kan manusia kanibal.Nah, orang yang suka ngomongin temannya senditi alias jago gosip bisa diibaratin sama orang yang  doyan makan daging temannya. Biasanya orang yang jago gosip bakal sibuk mencari-cari informasi tentang keburukan teman yang menjadi sasaran gosip. Danm yang dicari tentu saja adalah informasi negatif yang diirasa bisa menjatuhkan. Biasanya dia nggak sadar kalau dirinya pun punya banyak kekurangan, atau bahkan lebih menggunung daripada keburukan sasaran gosipnya. Seperti kata pepatah, "kuman di seberang lautan elihatan, gajah di pelupuk mata nggak kelihatan."

Kamu setia: Menutupi Kekurangan Teman Kamu
Ketika udah jadi teman, banyak hal yang udah kamu peroleh. Kamu jadi tahu luar-dalamnya si Agnes. Begitu juga, Agnes dah tahu siapa kamu. Kamu akan dikatakan setia kepada Agnes jika nggak sok tau mengumumkan bahwa Agnes sedang menghadapi masalah perceraiaan ortunya. Begitu juga, Agnes akan dikatakan setia kalau dia nggak menceriatakan bahwa dulu kamu pernah gagap. Sebenarnya, keterampilan menutupi kekurangan teman kamu ada kaitannya dengan keterampilan kamu menjaga rahasia. Siapa tahu Agnes nggak suka kalau kamu ngumumin kepada teman-teman lain kalau ortunya bercerai. Dan, kamu agak terganggu dong klau penyakit gagap kamu dlu diungkit-ungkit lagi.

Kamu setia: Memenuhhi Hak Teman Kamu
Sekarang kita ngomongin hak. Apa dih hak itu? Secara sederhana, hak adalah apa yang dituntut teman kamu dari kamu, boleh tentang kepemilikan atau pengakuan. Kamu dikatakan setia kalau udah membiarkan teman kamu memiliki seseatu dengan dikap yang bebas dari iri dan cemburu. Misalnya, kamu nggak cemburu atau minder kalau status sosial teman kamu berada di atas kamu. Kamu akan tetap PD biarpun teman jamu jago matematika atau jago debat. Justru kamu nggak malu-malu belajar dari dia.
Berteman itu nggak harus kamu artikan secara fisik. Kedekatan kamu sama teman harus kamu hiasi dengan sikap saling ngingetin. Nggak salah juga klau kamu dan teman kamu saling nasihatin kalau sewaktu-waktu lepas kontrol. Saling nasihatin kalau sewaktu-waktu lepas konrol. Saling nasihatin itu pun termasuk hak pertemanan. Jadi, pertemanan kamu bakal lebih dalam lagi. Kalau begitu, nggak bakalan kejadian kamu kecolongan, tahu-tahu teman kamu udah nyandu rokok atau narkoba.

Kamu setia: Merasakan Kegembiraan dan Kesedihan Teman Kamu
Betapa indahnyakalau pertemaan dihiasi dengan kedekatan seperti saudara.Kamu dan teman kamu jadi kaya satu tubuh. Kamu ngerasain sakit kalau teman kamu sakit, dan bakalan seneng kalau temen kamu senang. Artinya, kamu berteman bukan cuma waktu seneng-seneng terus kabur pas teman kamu lagi bermasalah. Sebenarnya, perteman yang kaya gini bisa dibilang pertemanan tingkat tinggi. Nggak gampang menjalanin petemanan seperti ini. Butuh perjalanan waktu dan pengertian. Tapi, kamu kudu tetap mencoba. Biasanya, pertemanan satu rasa ini akan terjadi pada kamu-kamu yang punya kesamaan prinsip hidup.

Sumber: Semua dikutip dari buku: Ngetop Bareng Biar Peace, Kiat Membangun dan Memelihara Kerja Sama. Ditulis oleh Euis Erinawati. Penerbit Gema Insani. Halaman 83-86.
Sumber Gambar: toko.gemainsani.co.id
Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru