Saturday, March 5, 2016

Integrity (Integritas)



Mungkin artiintegritas, masih belum familiar. Namun, seringkali kita mendengarkan kata integritas disebut-sebut sebagai salah satu unsut kesuksesan.
Sumber Gambar: goodeyedeer.com.au
INTEGRITAS berasal dari kata integer, yang artinya ksatuan. Arti secara keseluruhan, adalah suatu kesatuan, konsistensi, keteguhan dan ketulusan terhadap prinsip dan nilai-nilai yang diyakini. Berpegang teguh terhadap prinsip alias memiliki integritas bisa menilai sejauh mana seseorang dihargai dalam lingkungan pekerjaannya. Ada 5 karakteristik konsisten yang dapat ditemukan pada orang dengan integitas, yaitu:

BERTANGGUNG JAWAB
Dalam dunia kerja, bertanggung jwab atau komitmen memiliki arti yang cukup luas, tidak hanya sungguh-sungguh dalam bekerja, melainkan adanya sikap terbuka dan berbagi informasi untuk kemajuan bersama timnya. Bahkan ketika salah pun, tak segan untuk mengakuinya. Asalkan kita berusaha tidak mengulanginya lagi dan memperbaiki kesalahan tersebut. Itu baru dinamakan bertanggung jawab. Ketiaka kita menanamkan responsibility dalam diri masing-masing, otomatis orang lain akan emberikan respect. Jadi, responsibility = respect.

JUJUR DAN RENDAH HATI
Jangan sampai akibat dari tidak jujur kita terpuruk ke dalam kondisi yang butuk. You don’t want it to happen, do you? The, just be honest!. Ketika berada di lingkungan pekerjaan, kami akan sering berinteraksi dengan atasan atau leader. Seorang leader yang baik, akan menjunjung tiggi nilai kejujuran sehingga ia akan mendorong akan buahya untuk berlaku jujur disetiap tindakannya. Seseorang leader dapt memberikan contoh kejujuran melalui prinsip dan teladan pribadi. Dengan kejujuran, bad things will bw gone! Tanpa kejujuran good things will be gone!.

KONSISTEN ANTARA KATA-KTA DAN PERBUATAN
Konsistensi dan keselarasan antara nilai dan tindakan akan membuahkan kepercayaan. Sejalan dengan itu, integritas akan terbukti pada saat kita melakukan apa yang benar, tanpa mempedulikan opini orang lain yang tidak dapat dipertanggung-jawabkan.

TIDAK MENGANNGGAP REMEH HAL-HAL KECIL
Satu hal yang penting dalam hal ini adalah tidak berbohong untuk hal-hal keil., apalagi untuk hal-hal besar yang bukan menjadi urusan kita. Dengan menghargai hal-hal kecil, kita akan belajar untuk menghargai orang lain, siapa dan apa pun posisi dan jabatan otang tersebut

DIPERCAYA DAN MEMPERCAYAI ORANG LAIN
Seorang atasan atau leader tisak akan memberikan tangung jawab lebih ataupun promosi kepada karyawan yang tidak terpercaya. Begitu juga dengan bawahan, ia tidak akan mau mengikuti dan menconto perilaku atasan yang tidak mereka percayai. Begitu juga denga klien yang akan dihadapi tidak akan mau bekerja sama denga perusahaan yang tidak bsa dipercaya. This is what we called The Circle of Trust.

Dari uraian di atas tergambar jelas mengapa integitas dibutuhkan dalam dunia kerja. Sudah merasa memiliki integritas? Jika merasa ragu-ragu, coba hal-hal berikut ini!
-          Cari waktu luang untuk melakukan introspeksi diri sedalam-dalamnya. Take your time!
-          Find Second Opinion, dan ketiga bahkan keempat dari orang yang benar-benar kamu percayai, dan tanyakan mereka mengenai tingkat integritas-mu
-          Evaluate your environment behavior. Apakah kamu sudah dikelilingi oleh orang-orang berenergi positif?
-          Start the revolution! Memulai dari hal-hal yang menurut kamu paling mungkin untuk dilakukan. Make a checklist and make a change.


Sumber: Dari buku PARAGON, Technology & Innovation, Way Basic Personality For Your Successful Work Days. Halaman 20-21.

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru