Saturday, December 19, 2015

Tanya Mengapa??

Mengapa kulit di ujung-ujung tangan dan kaki keriput sehabis mandi? Dan mengapa hanya di situ?

Berlawanan dengan kelihatannya, sehabis mandi kulit Anda bukan mengerut, melainkan susungguhnya memuai.

Kulit di jari tangan, sitelapak tangan, di ibu jari kaki, dan di telapak tangan mengerut setelah jenuh olrh air (berlama-lama di dalam air di kolam reak akan menghasilkan efek yang serupa). Strarum corneum--lapisan kulit tebal, mengandung zat tanduk, dan tidak memiliki saraf berfungsi melindungi kita dari lingkungan sekitar serta telapak tangan dan kaki lebih kuat, lebih tebal dari pada lapisan kulit pada perut atau wajah. Lapisan kulir ini memuai ketika terendam lama dalam air. Pemuain itulah yang menimbulkan efek keruput.

Artikel lain:
Lalu mengapa kulit di bagian lain tubuh tidak keriput ketika jenuh dengan air? Sebeenarnya ssemua kulit memuai, namun di tempat lain tersedia ruang lebih banyak untuk menyerap air sehingga efek keriput tidak sampai terjadi. Seorang dikter yang kami hubungi mengatakan bahwa tentara yang kakinya terlalu lama memakai sepatu bot basah menunjukkan keriput di seluruh bagian kaki yang tertutup sepatu.

Dikirim oleh Michaelle L. Zielinski dari Arniold, Missouri. (halaman 98)


Mengapa jarum jam bergerak ke kanan?

 Dalam bisbol, pacuan kudam dn kebanyakan lomba selancar, kita terbiasa melihat gerakan berlawanan arah jarum jam. Adakah alasan khusus mengapa jarum jam verputar "searah jarum jam"?

Henry Fried, salah seorang horoligis terkemuka di Amerika Serikat, mengetengahkan penjelasan sederhana untuk pertanyaan ini. Sebelum jam ditemukan, kita menggunakan jam matahari. Di belahan bumi utara, bayangan berputar ke arah yang kini kita sebut "searah jarum jam." Jarum jam dibuat bergerak menirukan gerakan bayangan matahari. Apabila jam ditemukan di belahan selatan, kata Fried, mungkin yang disebut serah jarum jam adalah arah kebalikan yang sekarng.

Dikirim oleh WilliamRogers dari St. Louis, Missouri. (halaman 132)


Mengapa awan hujan tampak gelap?


Hujan adalah air. Air itu bening atau berwarna terang. Awan hujan sarat dengan air. Olrh sebab itu, awan hujan seharusnya terang. Menurut nalar seharusnya begitu, tapi itu salah.

Jelas, selalu ada butur-butir air dalam awan. Kteika butur-butur air itu kecil, mereka memantulkan itu menjadi cukup vesar untuk membentuk tetes hujan, merekamenyerap cahaya maka kita yang berada di bawah  melihatnya sebagai sesuatu yang gelap. (halaman 134)

Semua dikutip dari buku Mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Dan mengapa-mengapa lainnya. Ditulis oleh: David Feldman. Penrbit Gramedia Pustaka Utama.
Sumber Gambar: www.amartapura.com

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru