Wednesday, December 23, 2015

Yuk Lebih Mengenal Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri merupakan suatu aktifitas yang masih terasa asing bagi sebagian orang. Padahal jika kita mampu dan telah terbiasa untuk mengenal diri sendiri dampaknya bisa sangat bermanfaat.Dengan mengenal diri sendiri kita akan lebih mengetahui siapa diri kita ini, apa kelebihan yang kita miliki apa kekurangan yang kita miliki dst. Ada pepatah yang mengatakan siapa yang mengenal dirinya sendiri maka ia akan dapat lebih mengenal siapa Tuhanya. Dari pepatah tersebut sebenarnya memiliki pemaknaan yang dalam, jika kita memcoba memahami pepatah tersebut, maka kita akan mendapatkan makna: dengan mengenal diri sendiri kita akan mengetahui keterbatasan-keterbatasan, kekurangan dan kelemahan kita sebagai manusia, kita akan mengetahui dan merasa ada kuasa yang lebih besar dan tak terbatas. Ini adalah salah satu menfaat yang bisa kita peroleh, ada beberapa manfaat lain yang bisa kita peroleh, diantaranya:

Artikel lain:

Sumber Gambar: marscellthebest.blogspot.com
  1. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, setidaknya kita akan berusaha mempertahankan atau bahkan meningkatkan kelebihan yang dimiliki dan berusaha mempebaiki atau menghilangkan kebiasaan buruk atau kekurangan yang kita miliki.
  2. Jika kita mengenal diri, kita akan lebih mudah memperbaiki diri dan perkembangan dari segi kepribadian, mental atau suatu keahlian lebih cepat untuk diproleh. Kemungkinan kita dapat bertingkah, berlaku atau bersikap dengan lebih efisien dan efektif.
  3. Lebih terasa memaknai hidup. Dengan lebih memaknai hidup kita otomatis akan lebih menghargai waktu, dampak positifnya kita akan tidak mudah dihinggapi kesedihan, penyesalan, atau kemurungan, serta dapat lebih berlaku positif dan membawa kebahagiaan.
  4. Kalau kita bisa mengenal diri sendiri, kemungkinan untuk lebih mengenal atau memahami orang lain akan lebih mudah. Bisa jadi kita lebih mudah untuk mempengaruhi orang lain. Tapi diingat memberi pengaruhnya harus yang positif ya...
    Sumber Gambar: coretanseadanya.blogspot.com
Untuk lebih mengenal diri kita sendiri ada beberapa yang bisa kita lakukan, diantaranya:
  1. Menanyakan pada orang terdekat, bisa ortu, teman, sahabat, dll. Tanyakan kepada mereka menurut mereka kita ini seperti apa sih, apa kekurangan dan kelebihan kita, apa yang perlu diperbaiki menurut mereka. Tapi ingan jangan tersinggung kalau emang ada kekurangan yang perlu diperbaiki.
  2. Belajar dari buku-buku yang mengajarkan atau memaparkan cara-cara untuk lebih mengenal diri, biasanya buku dengan topik pengembangan diri banyak membahas dan membantu.
  3. Membuat catatan harian atau jurnal. Dengan demikian kita akan bisa melihat trek rekort kita, perkembangan apa yang sudah diraih dan dilakukan sejauh ini.
  4. Mencari lingkungan yang mensupport dan membantu untuk lebih mengenal diri sendiri.
Semoga dengan lebih mengenal diri sendiri, kita akan lebih cepat berkembang ke arah positif, bisa menjadi lebih baik, dan dapat lebih memaknai hidup.

Semoga bermanfaat...

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru