Terjadinya Bayi Laki-laki atau Perempuan

Satu dari 23 pasang kromosom dalam tiap sel berisi sel seks. Pada perempuan, dua anggota pasangan ini nampak serupa dan disebut kromosom X. Pada laki-laki kedua anggota pasangan itu berbeda, yang satu sama dengan kromosom X dan yang lain disebut kromosom Y. Bila sel seks matang (apakah sperma atau ovum) salah satu anggota kromosom seks disingkirkan. Pada sel seks prempuan atau ovum, yang tinggal selalu kromosom X, sementara pada laki-laki kromosom yang disingkirkan bisa X atau Y. Dengan demikian sperma yang matang bisa membawa kromosom X atau kromosom Y.

Artikel lain:

Sumber gambar: loveislaminfo.blogspot.com
Jenis kelamin anak ditentukan oleh kontribusi kromosom seks laki-laki. Jika X, bayi akan berjenis kelamin perempuan; jika Y, laki-laki.

Pada kehamilan, bila sperma yang membawa kromosom X bersatu dengan ovum, telur yang sudah dibuahi itu akan mempunyai dua kromosom X dan bayi akan berjenis prempuan. Bila sperma yang membawa kromosom Y bersatu dengan ovum, telur yang dibuahi akan mempunyai satu kromosom X dan satu kromosom Y, dan bayi itu akan berjenis klamin laki-laki. Dari sini nyatalah bahwa terjadi jenis kelamin adalah diluar kendali suami istri, sama seperti asalah keturunan yang lain.

Sumber: Buku Kiat keluarga Sehat Jilid 2. Ditulis: Mervyn G. Hardinge, M.D., DR. P. H., Ph.D. Harold. Shryock, M.A., M.D. Halaman 12-13.
Sumber Gambar: iph.or.id
Baca juga

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)