Monday, February 29, 2016

Pentingnya Menjaga Kesehatan


Pada zaman sekarang ini kebanyakan orang selalu lengah dan semakin meremehkan untuk menjaga kesehatan. Hal mendasar yang sering mempengaruhi kesehatan seseorang adalah pola hidupnnya, dari pola makannya, istirahat, bekerja, olahraga dll. Hal yang berkaitan dengan kita sehari-hari namun sering kita tidak sadari.

Artikel lain:

Sumber Gambar:ayodibaca.com

Pola Makan:

Zaman sekarang ini makanan terasa lebih berlimpah, makanannya terlihat bergizi dan sangat menggoda selera. Makan cepat saji sering menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Makanan cepat saji jika terlalu sering dikonsumsi sebenarnya tidaklah baik, katanya sih makanan cepat saji merupkan Junk food (makanan sampah) yang berarti memiliki kandungan gizi yang sedikit, namun membuat sistem pencernaan lelah untuk memprosesnya. Hal ini bisa menyebabkan pencernaan jadi lebih ‘tua’, lelah mencerna makanan yang masuk.


Pola Istirahat:

Pola  istirahat di zaman yang terasa semakin sibuk ini pun sepertinya ngak dijaga dengan baik. Istirahat (Tidur) yang ideal membutuhkan waktu berkisar 6-8 jam. Kalau terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat berpengaruh pada kesehatan. Orang yang terlalu sibuk dekejar tugas atau suatu tuntutan biasanya tidur lebih sedikit dan kurang berkualitas, saat tidur masalah yang dihadapi sering kebawa tidu juga, akibatnya saat bangun bukannya badan segar, malah terasa pegal-pegal dan tidak fit. Sebaliknya orang yang rada malas dan kebanyakan tidur, niatnya mau istirahat, namun tubuh yang kurang aktifitas pergerakan bagun-bangun juga menjadi pegal-pegal.


Pola Kerja:

Kerja bagi setiap orang adalah sesuatu yang terasa menjadi kewajiban. Saat kerja terkadang tekanan dari tuntutan yang ada membuat seseorang mudah terserang strees. Dampaknya pikiran terasa begitu lelah, yang berdampak secara tidak langsung pada fisik. Perlahan tapi pasti jika pola kerjanya ndak baik akan memperburuk kesehatan juga.


Pola Olahraga:

Olahraga adalah aktifitas yang amat membantu metabolisme tubuh, membantu memperlancar peredaran darah, mengeluarkan racun  melalui pori-pori kulit, dst. Jika kita jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, dapat dipastikan yang rutin berolahraga memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik. Ya, perlu diketahui olahraga tidak hanya baik bagi kesehatan fisik namun juga bagi kesehatan mental atau jiwa seseorang. Orang yang rutin berolahraga, daya tahan terhadap stress akan lebih kuat ketimbang yang kurang berolahraga.


Setelah kita merasa bahwa kita telah melakukan pola hidup yang sehat, kita tidak boleh “menduga-duga” bahwa kita telah sehat, kita harus memproleh bukti nyata dan real yang berupa data-data yang diperoleh dari pengecekan lab. Bisa dari tekanan darah, kolesterol, gula darah, asam urat, dll. Hal ini amat berguna bagi siapa saja yang bena-benar ingin berkomitmen untuk menjaga kesehatannya. Memang sih untuk pemeriksaan lab membutuhkan dana yang lebih, namun dari hasil pemeriksaan Lab ini, kita tidak menerka-nerka, bila ada kekurangan pada hasil pemeriksaan Lab tersebut, kita jadi tau letak kekurangan kita dan kita harus berusaha untuk  memperbaikinya secara perlahan.

Selamat Mencoba...
Semoga Bermanfaat... 

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru