Tuesday, October 18, 2016

Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kadar koestrol dalam tubuh kita. Untuk itu kita harus menjaga apa yang kita makan agar kita tetap dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan atau menjaga kadar kolesterol:

Sumber Gambar: Pinterest
Teori Gerbang Logika
Karbohidrat adalah....


  • Kacang tanah tanpa kulit. Kacang tanah yang dipanggang mengandung lemak sehat dan kaya dengan vitmin E. Ia bisa mencegah radikal bebas agar tidak merusak kolesterol LDL dan dapat menghindarkan tubuh dari serangan jantung.
  • Kedelai. Kacang kedelai mengandung 48% protein, lesitin, vitamin, dn zat galian. Ia juga dapat menghindarkan penyakit jantung dn kencing manis. Kalsium dan mineralnya membantu memecah lemak. Ia membantu menyusutkan kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL). Namun penderita asam urat disarankan memilih makanan berbahan kedelai yang telah bebas zat purin.
  • Kuaci. Kuaci mempunyai kandungan zat besi. Mengonsumsi kuaci jenis tawar seperti dari jenis labu atau bunga matahari bisa menambah zat besi seta mngurangi kolesterol.
  • Mangga. Vitamin C banyak terdapat dalam mangga. Sumber lainnya adalah belimbing, kedongdong, pepaya, rambut, stroberi, dan kiwi. Vitamin C bisa mencegah kolesterol LDL dalam tubuh.
  • Jambu batu. Disarankan mengonsumsi setiap haridalam jumlah mencukupi untuk memastikan khasiatnya kepada tubuh
  • Buah kering. Dari antara berbagai jenis buah kering, limau kering adaah yang paling banyak mengandung flavonoid. Mengonsumsinya mampu menyingkirkan kelebihan LDL sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung.
  • Kismis. Kismis mengandung zat yang mampu menurunkan kolesterol. Diet dengan 400 kalori kismis setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 8%.
  • Oat (haver). Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi oat setiap pagi bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Serat yang mudah larut bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Ikan tuna. Ikan jenis ini termasuk sumber Omega 3 yang populer, selain salmon dan makarel. Omega 3 secara khusus melindungi tubuh dari peningkatan kadar LDL.

Tulisan ini merupakan kutipan dari buku Sehat itu Pilihan yang ditulis oleh Yohanes Sunardi. Penerbit ANDI.
Sumber gambar: garisbuku.com

Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru