Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri adalah suatu sikap dimana seseorang percaya dengan kemampuan diri, optimis, yakin dengan kapasitasnya, sehingga siap dalam menghadapi tantangan yang menghadang.
Sebagaimana kita ketahui seseorang yang percaya diri akan lebih yakin dalam menghadapi tantangan, tidak takut dengan kegagalan, tidak takut tampak berbeda dihadapan orang lain, selalu berani tampil, dan sering jadi yang terdepan.
Sumber Gmbar: pangeranpemalas.blogspot.com

Ada bebrapa faktor yang menyebabkan Percaya Diri pada seseorang:

1. Faktor keturunan.
Faktor keturunanadalah faktor yang bisa diturunkan dari orang tua (genetik), termasuk didalamnya bagaimana struktur dan unsur kimia didalam otak kita.

2. Bagaimana kita bersikap. 
Cara kita bersikap terhadap lingkungan mempengaruhi rasa percaya diri kita.

3. Faktor/ bagian yang bisa kita kontrol.
Faktor/ bagian ini maksudnya adalah bagian yang bisa kita kendalikan, bisa kita kelola atau atur. Contohnya pilihan yang kita buatm risiko yang diambil, bagaimana kita berpikir dan respon terhadap tantangan

Untuk tips bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri, bisa lakukan 3 hal praktis berikut:

1. Perbaikan cepat.
 Perbaikan cepat disini maksudnya, melakukan hal sederhana yang bisa membantu kita untuk meningkatkan rasa percaya diri secara cepat, walau efek/dampak yang kita rasakan hanya sesaat. Contohnya: kita membayangkan dalam benak saat kita akan mencapai kesuksesan, mendengarkan lagu kesukaan, tapi tentunya lagu yang memotivasi, bukan lagu galau.

2. Percaya pada kemampuan yang berkembang. 
Jika menginginkan efek rasa percaya diri jangka panjang  kita harus yakin kita bisa mengembangkan kemampuan dan talenta kita. Sebagai contoh kita ingin bisa bermain basket maka kita perlu latihan terus menerus dan banyak mencoba hingga kita bisa menjadi pemain basket yang handal, ini butuh proses dan banyak latihan. Perbaiki poa pikir dengan berpikir positif yakin kita berkembang dan tidak cepat putus asa disaat menemui kesulitan.

3. Belajar dari kegagalan.
Kegagalan memang menakutkan dan hal yang tidak disukai oleh banyak orang, Namun dari kegagalan tersebut kita bisa banyak belajar. Jika kita terus bangkit dan mencoba serta tidak berputus asa maka kita dapat berkembang dan mencapai apa yang kita inginkan.Sebgai contoh JK. Rowling, penulis Harry Potter pernah ditolak oleh 12 penerbit, namun dengan sikap pantang menyerahnya akhirnya sekarang novelnya begitu terkenal.

Dalam menghadapi suatu tantanga, kita berusaha bangkit untuk menghadapinya, bagaimana pun hasil yang akan diperoleh. kita akan mendapatkn pengalaman, mendapatkan pengetahuan yang banyak dan kita akan semakin paham makna dari suatu kegagalan dan pencapaian, itulah PERCAYA DIRI.

Terinspirasi, dirangkum, dikutip dari Video:

3 tips to boost your confidence - TED-Ed


Semoga Bermanfaat...

Keep Confidence...

Evaluasi dan perbaikan kualitas Kerja
Budidaya Ulat Hongkong Bagian-2
Gerbang AND (.)

Comments

  1. Faktor keturunan? kalau orang tuanya tidak percaya diri anaknya juga bisa jadi tidak percaya diri kah?

    ReplyDelete
  2. ya bisa begitu gan. Soalnya secara ngak langsung, sadar atau ngak kita ngikutin perilaku ortu. Karena contoh terdekat dalam keluarga ya,.. orang tua. Makanya ada istilah buah jatuh, ngak jauh dari pohonnya... Thanks udh mampir gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)