Lemak adalah ...

Lemak adalah nutrisi yang paling padat kalori/ energi dan dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Ketika bayi disusui, lebih dari 50% kalori berasal dari lemak. Setelah bayi disapih, mereka masih membutuhkan lemak lebih dari orang dewasa untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Lemak adalah sumber energi yang efisien dan berfungsi menjaga kebugaran. Fungsi lemak yang lain di antaranya adalah sebagai bantln organ-organ vital, dan lemak di bawah kulit berfungsi untuk mempertahankan suhu normal tubuh.

Sumber Gamabr: parmadi on blog

Bagaimana Menjalankan Rencna
Kolestrol adalah lemak tubuh, terutama dalam darah. Tidak esensial karena tubuh dapat memproduksinya dari asupan makanan berlemak. Kolestril sangat diperlukan dalam masa pembentukan otak dan jaringan saraf bayi, terutama pada masa golden age (masa emas pertumbuhan, 0-3 tahun).

Lemak, nutrisi yang esensial untuk fungsi otak, merupakan komposisi utama otak yakni 100 mg/g berat otak. Lemak juga membantu proses penyerapan vitamin A, D, E dan K yang diperlukan untuk banyak proses tubuh dan juga untuk penyerapan mineral, terutama Ca. Didefinisikan sebagai esensial artinya zat tersebut penting untuk tubuh, tidak dapat diproduksi oleh tubuh, dan dapat disuplai dari asupan makanan.

Lemak terbentuk dari gliserida dan asam lemak. Jenis lemak yang paling penting adalah asam lemak esensial, yang dikenal sebagai EFA (Essential Fatty Acid), yaitu asam lemak linoleat atau omega 6, asam linolenat atau Omega 3, asam arakhidonat, dan eikosanoat. Lemak ini biasanya ditemukan pada minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun dan beberapa minyak nabati atau kedelai, minyak jagung dan avokad, minyak kanola, minyak wijen, serta ikan berlemak seperti salem, tuna, dan salmon.

DHA yang merupakan singkatan dari Docosa-Hexaenoic Acid ialah golongan Omega 3. Di dalam tubuh, DHA banyak dijumpai dalam selruh jaringan tubuh, erutama otak dan mata. Sumber DHA antara lain adalah ASI untuk bayi, minyak ikan, kuning telur, alga, dan makanan yang ditambahkan DHA.

Hal ini penting untuk perkembangan otak, perkembangan visual, serta fungsi kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu EFA dari minyak ikan dapat meningkatkan perilaku dan kemampuan anak-anak dalam belajar.

Namun tidak semua lemak baik, dan beberapa harus dimakan dalam jumlah kecil dibanding yang lain. Jika kekurangan nitrisi lemak, maka kita akan merasa lapar, kekurangan gizi, dan intergritas kulit akan berubah. Sementara pengaruh kelebihan nutrisi lemak adalah obesitas atau kelebihan beratbadan, yaitu kondisi medis di mana kelebihan lemak tumbuh terakumulsi hingga kadar yang dapat membahayakan kesehatan dan bisa memperpendek usia. Kelebihan lemak juga bisa menyebabkan penyakit jantung atau pembuluh darah pada masa dewasa dan gejala penyakit metabolisme lemak.

Sumber lemak:
- Sekitar 10-20% kebutuhan kalori diperoleh dari leemak tak jenuh tunggal, misalnya minyak zaitun, avokad, dan kacang-kacangan.
- Sekitar 10% lainnya diperoleh dari lemak tak jenuh ganda, misalnya ikan, makanan laut, kacang kedelai, dan minyak jagung.
- dan terkhir 7-10% maksimal dari kalori berasal dari lemak jenuh daging merah, mentega, keju, dan kuning telur.

Manfaat lemak:
* sumber energi dan tenaga
* melindungi membran sel (kulit luar sel)
* pembentukan hormon dan sistem sraf
* sumber dan alat transportasi vitamin larut lemak

Tulisan ini merupakan kutipan dari buku Sehat itu Pilihan yang ditulis oleh Yohanes Sunardi. Penerbit ANDI.
Sumber gambar: garisbuku.com
Gerbang X-NOR (Exclusive NOR)
Teori Gerbang Logika
Karbohidrat adalah....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)