Makanan untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak makanan yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah menjadi normal. Dalam buku Sehat itu Pilihan dijabarkan beberapa makanan bagi penderita darah tinggi:
Sumber Gambar: makananhipertensi.com
Evaluasi dan perbaikan kualitas Kerja

  • Kedelai. Anda juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan dari kedelai karena kedelai mengandung isoflavon yang penting untuk menurnkan tekanan darah.
  • Kacang-kavangan. Kacang tanah, kacang almond, dan kacang merah mengandung magnesium dan potasium, yang efektif menurunkan tekanan darah.
  • Kuaci tawar. Kandungan magnesium dalam kuaci biji bunga matahari sangat tinggi. Selain itu kuaci juga mengandung fitosterol yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan pemicu tekanan darah tinggi karena dapat menyebakan penyumbatan pembuluh darah. Tapi, pastikan Anda mengonsumsi kuaci segar yang tidak diberi garam.
  • Avokad. Asa, oleat dalam avokad dapat membantu mengurangi kolesterol. Selain itu, kandungan kalium dan asam folatnya sangat penting untuk kesehatan jantung.
  • Pisang. Pisang tidak hanya memiliki kaliym dalam jumlah yang besar, namun juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Jadi, makanlah setidaknya satu pisang setiap hari.
  • Buncis. Buncis mengandung potasium, yang mampu mengurangi tekanan darh.
  • Bayam. Magnesium yang terkandung dalam bayam dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi Anda dari penyakit jantung. Selain itu, kandungan folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homosistein yang membuat bahan kimia berbahay. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat tiggi asam amino (homosistein)dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  • Kentang. Jika dimasak dengan cara yang tepat, kentang dapat menurunkan tekanan darah. Janganlah menggoreng kendtang dan hindari menambahkan entega atau keju pada olahan kentang yang akan dikonsumsi.
  • Ikan. Nikmati ikan sebanyak yang Anda suka, dengan catatan ikan tersebut disajikan dengan cara yang sehat. Ikan mengandung asam lemak Omega 3 yang manjur menurunkan tekanan darah.

Tulisan ini merupakan kutipan dari buku Sehat itu Pilihan yang ditulis oleh Yohanes Sunardi. Penerbit ANDI.
Sumber gambar: garisbuku.com

Comments

  1. tanks info gan... tapi untungnya saya tidak menderita tekanan darah tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga udah mampir. Moga sehat selalu....

      Delete
  2. Untung nya ga kena darah tinggi. Btw artikel nya bermanfaat sekali nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)