Generartor AC

Generator AC atau arus bolak-balik (disebut juga generator sinkron atau alternator) adalah sumber utama dari semua energi listrik yang kita pakai. Mesin tersebut adalah konverter energi terbesar di dunia.

Tuisan menrik lain:
Generator adalah mein yang menggunakan magnet untuk mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Prinsip generator dengan sederhana dikatakan bahwa tegangan diinduksikan pada konduktor apabila konduktor digerakkan pada medan ,agnet sehingga memotong garis gaya. Generator digerakkan oleh beberaoa jenis mesin mekanis (uap atau turbin air, mesin bensin, atau motor listrik). Generator AC memerlukan energi mekanis untuk operasinya.

Hukum tangan kiri untuk generator menunjukkan hubungan antara arah penghantar bergerak, arah medan magnet, dan arah resultan dan aliran arus yang terinduksi. Apabila ibu jari ditrunjukkan pada arah gerakan penghantar, dan telunjuk ditunjukkan ke arah fluks, jari tengah akan menunjuk ke arah aliran elektron yang terinduksi. Hukum ini juga dapat dipakai apabila magnet,  sebagai pengganti penghantar, digerakkan. Meskipun demikian, dalam hai ini ibu jari harus ditunjukkan ke arah gerakan penghantar relatif.

jumlah tegangan yang diinduksikan pada penghantar pada saat penghantar bergerak pada medan magnet tergantung pada:

  • Kekuatan medan magnet. Makin kuat medan makin besar tegangan yang diinduksikan.
  • Kecepatan pada penghantar yang memotong fluks. Bertambahnya kecepatan penghantar menambah besarnya tegangan yang diinduksikan.
  • Sudut pada tempat penghantar memotong fluks. Tegangan maksimu, diinduksikan apabila konduktor memotong pada 90', dan tegangan yang lebih rendah diinduksikan apabila sudut itu kurang dari 90'.
  • Panjang penghantar pada medan magnet. Jika penghanta digulung menjadi kumparan yang terdiri dari beberapa lilitan, panjang efektif bertambah dan tegangan yang diinduksikan akan bertambah.
Generator AC dibuat dengan medan magnet diap atau berputar. Jenis medan diam biasanya kapasitas kilovolts amperenya relatif kecil dan ukuran kerja tegangan-rendah. Jenis ini mirip dengan generator DC kecuali jenis ini mempunyai slips ring sebagai pengganri komutator.

Kutub menonjol (salient pole) membangkitkan medan DC, yang dipotong oleh jangkar yang berputar. Jangkar mempunyai lilitan yang mempunyai terminal yang dihubungkan dengan slips ring yang dipasang pada poros. Seperangkat sikat bergeser pada slip ring sehingga kita dapat menghubungkan jangkar dengan beban luar.

Geberator AC tidak dapat mensuplai arus medan sendiri. Penguat medan harus arus searah, dan karena itu harus disuplai dari sumber luar. Jangkar diputar oleh sumber daya mekanis, misalnya mesin disel.

Tulisan ini dikutip dan dirangkum dari buku Elektronik Industri. Penulis: Frank D. Petruzella. Penerbit ANDI. Halaman 311-313.

Semoga bermanfaat..

Baca juga:
Memperbaiki Remote TV yang Macet
Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Prinsip Transformator
Bagaimana Cara Mencari Air di Gurun?
Energi Listrik
Daya Listrik

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)