Daya Listrik

Kebanyakan kita mengetahui daya yangg berkaitan dengan listrik rumah, daya baterai, daya lampu,dst. Namun jika kita pelajari lebih mendalam ternyata daya banyak variasinya. Contohnya ada Daya sesungguhnya/ Daya rata-rata, daya reaktif, daya apparent, atau faktor daya. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

Baca juga:
Memperbaiki Remote TV yang Macet
Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Prinsip Transformator
Bagaimana Cara Mencari Air di Gurun?
Energi Listrik

Daya listrik dapat didefinisikan sebagai ukuran (rate) pada saat energi listrik dikonversi.

Daya Sesungguhnya

Daya sesungguhnya (watt) kadang-kadang disebut daya sebenarnya atau daya rata-rata, daya listrik pada rangkaian AC adalah daya istrik yang sesungguhnya diubah menjadi panas atau kerja. Pada rangkaian DC kita belajar bahwa daya dalam watt adalah tegangan dikalikan arus.

Daya Reaktif

Daya reaktif adalah daya yang kelihatannya menggunakan kapasitor atau induktor. Dalam hal kapasitor dan induktor, jangan menggunakan daya tersebut karena menyimpan energi Reaktansi induktif mengambil daya dari sumber untuk membangun medan magnet tetapi kemudian ketika medan magnet turun akan kembali kepada daya sumber.

Daya Apparent

Daya apparent adalah daya bekal yang digunakan oleh seluruh rangkaian AC. Ini adalah suplai daya total pada rangkaian dari sumber, termasuk daya real dan reaktif. Daya apparent dan daya real untuk rangakaian AC sama hanya ketika seluruh rangkaian terdiri dari tahanan murni (tanpa reaktansi).

Faktor Daya

Faktor daya (PF) adalah rasio daya real dengan daya apparent::
PF = Watts / Volt - ampere
      = Daya Nyata / Daya Apparent

Faktor daya dari rangkaian adalah indikasi dari bagian volt-ampere yang sesungguhnya merupakan daya real. Dalam praktek, faktor daya dari rangkaian dapat ditemukan dengan membagi pembacaan wattmeter dengan hasil kali pembacaan voltmeter yang telah dikalikan dengan pembacaan Ampermeter.

Faktor daya dalalah daya real dibagi daya apparent. Biasanya dinyatakan dalam peren. Apabila daya real sama dengan daya apparent - maka rangkaian seperti ini hanya mempunyai tahanan atau rangkaian pada saat reaktansi benar-benar saling menghilangkan- faktor daya sama dengan satu atau 100%.

Tulisan ini dikutip dan dirangkum dari buku Elektronik Industri. Penulis: Frank D. Petruzella. Penerbit ANDI. Halaman 124-129.

Semoga bermanfaat..

Artikel lain:
Ayo Donor Darah
Masalah = Proses Pendewasaan Diri
7 Formula Individu Cemerlang
Mencoba Mengatur Waktu
Mengatasi Sikap Pemalu

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)