Wednesday, March 23, 2016

Mengenal Diri Sendiri

Setiap orang sebagian besar telah mengaku bahwa ia telah mengenal dirinya sendiri. Ia mengenal siapa namanya, berapa umurnya, berat badannya, orang tuanya, dst. Namun apakah hanya itu yang dimaksud mengenal diri sendiri? Jika hal itu patokan pertanyaannya semua orang pasti telah mengetahuinya. Tapi apakah betul kita telah mengenal diri kita sendiri???

Artikel lain:

Sumber Gambar: www.kompasiana.com

Untuk lebih mengenal siapa diri kita memang dibutuhkan waktu, butuh perenungan yang mendalam. Jika kita mengenal diri kita sendiri secara perlahan kita akan mengetahui kelebihan atau kekuatan diri, menjadi lebih mengerti letak kekurangan atau kelemahan diri. Jadi jangan pernah merasa diri tidak memiliki kekurangan atau tidak memeliki kelebihan. Setiap orang pasti memiliki kelebihan sekaligus kekurangan.

Jika kita kesulitan mengetahui apa kelebihan dan kekurangan diri ada baiknya kita meminta pertolongan atau bantuan dari orang sekitar kita, bisa menanyakan ke teman, ortu atau orang yang dianggap telah memiliki keahlian dalam hal ini (psikolog). Setelah kita tau kelebihan dan kekurangan kita, untuk yang kelebihan diri gimana agar bisa tetap kita pertahankan atau bahkan ditingkatkan, untuk kekurangan diri gimana caranya kita untuk memperbaikinya, menguranginya atau bahkan menghilangkannya.

Ada pepatah yang mengatakan siapa yang mengenal dirinya maka ia akan mengenal siapa Tuhannya. Jadi sebenarnya, jika kita mengenal siapa diri kita maka kita akan merasa amat kecil dan tak berdaya, serta merasa begitu banyak kekurangan diri. Ada yang Maha Kuasa dan Maha Sempurna. Dari sana kita akan menjadi seorang yang rendah hati, tidak menjadi sombong, dan akan selalu terpacu untuk memperbaiki diri jadi lebih baik.

Semoga Bermanfaat....

Baca juga:

8 comments:

  1. Betul sekali gan, tak ada alasan bagi kita untuk melakukan perilaku sombong.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih gan pencerahannya. Bermanfaat sekali. Salam dan sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama" gan. Thanks udh mampir n komen

      Delete
  3. Perlu waktu untuk mengenal diri karena bukan perkara yg mudah dan membutuhkan kecermatan shingga kita bena benar tahu siapa kita sebenarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan, harus bertahap n emang diniatkan

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru