Thursday, November 3, 2016

Alat dan Teknik Sel Saraf

Neuron adalah alat yang dibuat dengan cerdik untuk mengirim dn menerima sinyal-sinyal listrik. Untuk tugas ini ada dua struktur yang sangat khusus, yakni dendrit, antena yang menerima sunyal dan akson tunggal, suatu fulamen yang bertindak sebagai kabel transmisi dengan tenaga sendiri. Tenaga itu berasal dari suatu pertukaran kimia antara akson dan lingkungannya, yang menimbulkan sedikit perbedaan voltase. Bila dendrit atau badan sel terangsang oleh siyal yang baru disampaikan dari sel lain atau oleh sebab langsung seperti tusukan peniti atau derau nyaring, voltase ini tergantung sehingga timbul gelombang fluktuasi yang menyelusuri akson dan merangsang sel berikutnya, seperti digambarkan di bawah.



Neuron yang memancarkan berita ke seluruh tubuh ada tiga macamnya. Neuron indra melaporkan keadaan dunia luar dan keadaan di dalam otot. Sel penghubung berperanan sebagai perantara dan, didalam otak, memilah-milah berita serta mengeluarkan perintah. Akhirnya, neuron motor hanya mengalurkan aba-aba gerak ke otot.

Baca juga:
Teori Gerbang Logika
Karbohidrat adalah....

Cara Pengiriman Sinyal

DENGAN BERMULA dari dendrit mitip tentakel bercabang-cabang yang menjadi tempat penerimaan rangsangan, gambar-gambar yang makin dibesarkan ini memperlihatkan awal dan akhir perjalanan suatu sinyal melewati anatomi suatu neuron. Dendrit menyalurkan rangsangan ke badan sel (merah) dan ke akson (juga merah), dengan selubung mielin pelindungnya (hijau kebiruan), tempat rangsangan itu menimbulkan impulsa listrik.
Dendrit mirip tentakel bercabang

DENGAN MERAMBAT menggelombang di sepanjang akson, impulsa mencapi ujung akson yang bercabang-cbang menjadi filamen halus. Ujung filamen yang tak terselubung akson ini mempunyai bengkakan yang dalam gambar 2 tampak hampir menyentuh dendrit neuron lain. Ujung-ujung itu dapat juga berhubungan dengan sel otot atau sel kelenjar. Bentuk ujung neuron berbeda-beda menurut tipe masing-masing.
impulsa mencapi ujung akson yang bercabang-cbang menjadi filamen halus

KETIKA MENCAPAI sinapsis, yakni sambungan antara dua neuron, sinyal harus melompati celah sempit.Cara melompatinya diperlihatkan gambar 3. Kedatangan pulsa pada ujung neuron membebaskan pesuruh-pesuruh kimia, yang melintasi celah dan merangnsang dendrit di dekatnya untuk memuli daur itu lagi. Dalam sel yang aksonnya panjang pun seluruh proses hanya memakan waktu sepersekian detik.
Ketika mencapai sinapsis, yakni sambungan antara dua neuron, sinyal harus melompati celah sempit

Dikutip dari Buku dengan judul: SEL, Penerbit Pustaka Ilmu LIFE. Halaman 158
Sumber Gambar: Tokopedia

Semoga bermanfaat..

Artikel lain:

10 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru