Menggunakan Waktu dengan Produktif

Tulisan ini dibuat sebagai pengingat penulis sendiri, dan semoga bisa mengingatkan informasi juga bagi pembaca. Waktu yang kita miliki tanpa kita sadari kita lalui dengan melakukan berbagai macam kegiatan. Namun dari kegiatan yang kita lakukan ada yang bersifat produktif namun ada pula yang tidak. Produktif disini diartikan sebagai suatu kegiatan, karya atau apa pun bentuknya yang hasilnya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang dilingkungan sekitar.
Baca juga:
Kepribadian Judging - Perceiving
Kepribadian Thinking - Feeling
Kepribadian Sensing-Intuition
Kepribadian Extrovert - Introvert

Nah, kita sama-sama mengetahui setiap orang memiliki waktu yang sama disetiap harinya, 24 jam sehari. Dari waktu yang kita miliki tersebut, kita lah yang memilih, mengarahkan dan mengatur kemana waktu itu kita gunakan. Cara penggunaan waktu ini lah yang membedakan setip orang.Contohnya ada seseorang yang amat produktif dalam menghasilkan karya tulis, namun ada pula yang tidak. Penyebab seseorang menjadi produktif atau tidak ada beberapa hal yang mempengaruhinya, yaitu::

1. Lingkungan Pergaulan
Kita sama-sama mengetahui pergaulan seseorang sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Jika seandainya kita suka bergaul dengan orang yang bersemangat, produktif, dan energic otomatis kita akan tertular pula sifat-sifat positif dari lingkungan tersebut, Oleh  karena itu amat penting untuk bisa memiliki lingkungan pergaulan ini.

2. Komitmen dan kedisiplinan seseorang
Penulis menjadikan dua hal ini (antara kointmen dan disipin) dikarenakan keduanya saling terkaitan diantranya. Contoh lagi nih, jika kita berkomitmen melakukan suatu jadwal latihan, jika kita tidak disiplin melakukan sesuai jadwal latihan, tentu kita tidak mendapatkan hal yang optimal. Komintemn dan kedisiplinan setiap orang berbeda-beda, namun keduanya bisa dilatih dan dipelajari.

3. Perencanaan Matang
Perencanaan amat penting dilakukan, apalagi jika ingin mencapai sesuatu dalam penggunaan waktu yang dimiliki. Setiap orng memiliki cara penggunaan waktu yang berbeda-beda. Namun ada baiknya wakru yang dimiliki di rencanakan, agar waktu yang dimiliki lebih terarah. Penulis sendiri masih proses belajar untuk perencanaan waktu ini secara matang.

Jika kita bisa menggunakan waktu untuk hal positif dan produktif, tentu kita akan merasa waktu yang kita lalui akan lebih bermakna. Memang tidak mudah untuk memulai, namun jika kita benar-benar untuk menggunakan waktu dengan produktif tentu tidak ada yang sulit. Memperbarui informasi, ilmu dan pengetahuan menggenai manajemen waktu, tentu akan sangat membantu dalam berproses.

Semoga bermanfaat...

Artikel menarik lainnya:
Mengatasi Sikap Pemalu
Memperbaiki Remote TV yang Macet
Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Prinsip Transformator
Bagaimana Cara Mencari Air di Gurun?

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)