Friday, October 14, 2016

Tips Menurunkan Berat Badan secara Alami

Sebagian orang merasa tidak nyaman karena berat badannya yang terus bertambah. Entah rasa tidaknyamannya disebabkan karena pengaruh kesehatan (fisik) atau rasa minder terhadap lingkungan (psikis). Terlepas dari itu kita harus memahami berat badan yang ideal bukan hanya untuk tampilan fisik saja, namun memberi dampak yang baik bagi kesehatan. Jika kita memiliki berat badan berlebih banyak dampak negatif yang bisa terjadi, dari penyakit jantung, stroke, darah tinggi, kangker, dll. Jika kita bisa menjaga berat badan kita ideal maka kita akan bisa mengurangi resiko-resiko dari penyakit tersebut.

Vitamin adalah ... 
Makanan Pembersih Liver secara alami

Sumber Gambar: Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Bagi sebagian orang memang terasa sulit untuk menurunkan berat badanya. Berbagai cara sudah dicoba ada yang menggunakan obat-obatan untuk melangsingkan tubuh, operasi atau sedot lemak. Itu semua bisa memberi pengaruh, namun ada dampak yang diberikan bila langkah yang terkesan singkat dan praktis tersebut kita gunakan. Karena masalah dari kegemukan atau berat badan berlebih adalah energi atau kalori yang masuk lebih besar dari pada energi/ kalori yang keluar. Ini tentunya dipengaruhi gaya hidup kita masing-masing. Secara umum gaya hidup atau pola hidup yang mempengaruhi berat badan yaitu apa yang kita makan dan aktifitas fisik yang kita lakukan.

Berikut tips sederhana yang bisa dicoba untuk membantu menurunkan berat badan:

- Usahakan menjaga pola makan tetap teratur. Jangan sampai mengurangi jumlah frekuensi makan, karena tidak baik bagi kesehatan. Usahakan makan teratur seperti biasa.

- Mejaga jenis makanan yang dimakan. Sebagian kita mengetahui makanan yang mengandung kolestrol tinggi atau lemak jenuh menjadi penyebab berat badan berlebih. Contoh makanan ini: Daging merah, minyak, gorengan, mentega. Makanan seperti ini bukan berarti dihindari sama sekali, namun dijaga porsi makanan yang masuk ke tubuh. Jika berlebih tentu akan menjadi lemak yang menambah berat tubuh.

- Lakukan aktifitas fisik. Aktifitas fisik bukan berarti harus melakukan olahraga yang berat. Namun pada intinya kita melakukan olahraga ringan yang menyenagkan, dan kita lakukan secara rutin. Contohnya bersepedahan seminggu sekali bersama kawan-kawan, jalan-jalan pagi sesaat sebelum beraktifitas ke sekolah atau kantor. Dengan demikan energi dalam tubuh akan terbakar dan mengurangi lemak dalam tubuh.

- Sesekali lakukan puasa. Selain dapat menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan kalau niatnya lurus puasa juga bisa jadi amal ibadah. Dengan puasa energi dan lemak cadangan dalam tubuh akan terbakan digunakan memenuhi kebutuhan kalori untuk beraktifitas selama berpuasa.

- Perbanyak makan buah dan sayuran. Dengan makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah kita akan merasa lebih cepat kenyang dan lebih lama merasa lapar. Organ pencernaan  pun akan menjadi lebih sehat. Saat BAB pun terasa lebih lancar. Dengan memakan sayur dan buah pelepasan energi yang terjadi dalam tubuh dilakukan secara perlahan, berbeda dengan makanan yang berupa roti, sereal, jajan pelepasan energi dilakukan secara cepat dan cepat pula berkurang. Biasanya kita mengalami rasa kantuk atau terasa lelah setelah makanan yang berjenis pelaepasan energi secara cepat.

- Tidur cukup dan teratur. Usahakan menghindari tidur terlalu lama atau tidur terlalu sedikit. Hal ini dapat menjadi faktor penyebab beratbadan kita mengalami peningkatan.

- Menghindari makan malam atau makan menjelang tidur. Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum tidur. Jika kita makan bebapa menit sebelum tidur, energi yang kita proleh dari makanan tidak akan terpakai dan mengendap menjadi cadangan tubuh berupa lemak, otomatis menambah berat badan kita.

- Mengurangi makan ringan, snack, coklat, permen, dan sejenisnya. Kita mengetahui makanan ini mudah diperoleh, dan memberi kesenangan tersendiri saat memakannya. Makanan jenis ini biasanya mengandung banyak kalori dan lemak jenuh. Kandungan dari kalori dan lemak jenuh berlebih ini bisa menambah berat badan kita.

Sebagai informasi tambahan dalam  buku Sehat itu Pilihan yang ditulis oleh Yohanes Sunardi. Penerbit ANDI. ada bebapa tip menurunkan berat badan secara alami, tipnya sebagai berikut:

1. Hindari lemak dan kurangi karbohidrat
2. Kurangi gula dalam minuman Anda
3 Makanlah minimal tiga kali sehari
4. Makanlah paling akhir tiga jam sebelum tidur
5. Ltihan kardio (lari, renang, treadmil, aerobik)
6. Kurangi makanan gorengan
7. Pagi hari sangat indah untuk berlatih
8. Selalu pilih jalan kaki daripada eskalator
9. Jangan mencoba semua jenis makanan pada jamuan buffet
10. Menikmati hidup
11. Istirahatlah secukupnya

Pada intinya untuk menurunkan badan bukanlah sesuatu yang instan, butuh proses. Kita perlu mengubah polah makan kita, menimbah dan memperkirakan apa yang kita makan. Saat baru memulai memang sulit, selalu saja ada alasan, dari perut yang sakit, badan tidak enak, pusing-pusing, udah faktor keturunan, dst. Namun jika kita melakuakannya dengan niatan yang kuat untuk menjaga kesehatan maka perlahan kita akan merasakan kesenangan saat berproses. Apalagi kita bisa merasakan dampaknya terhadap kesehatan kita. Jika kita kesulitan, tidak ada salahnya meminta bantuan dari kerabat, saudara, atau ortu untuk memberi bantuan. Kuatkan tekat lakukan perencanaan dan komitmen untuk menjalankannya...

Semoga bermanfaat...

Jalani dan Jangan Ragu (Tegas)

2 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru